STRATEGI PENGEMBANGAN KOPRA (Studi Kasus di Desa Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran)

Zena Firman Maulana, Budi Setia, Saepul Aziz

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelamahan) dan eksternal (peluang dan ancaman), merumuskan rekomendasi strategi pengembangan usaha kopra di Desa Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran. Lokasi penelitian diambil secara purposive (disengaja) yaitu di Desa Ciakar Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran dengan pertimbangan bahwa usaha kopra ini merupakan satu – satunya usaha yang mengolah kelapa menjadi kopra. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang pemilik usaha kopra dan 5 orang karyawan dengan teknik pengambilan atau penentuan responden dengan sampel jenuh (sensus). Diambil juga konsumen sebanyak 5 orang dengan metode purposive sampling atau pertimbangan tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Strength, Weakneses, Opportunity, Threats (SWOT) Analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatannya adalah memiliki kualitas yang baik, proses pengolahannya sederhana, persediaan bahan baku kelapa selalu ada. Kelemahannya yaitu gudang penyimpanan kurang layak, harga yang tiba-tiba merosot turun (fluktuatif). Faktor eksternal peluangnya adalah pasar masih terbuka luas, pemanfaatan teknologi, meningkatnya pendapatan, permintaan banyak. Ancamannya yaitu adanya persaingan penjualan produk lokal dengan produk wilayah lain, produk sejenis, akan tergantikan dengan kelapa sawit. Rekomendasi strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha kopra di Desa Ciakar dalam mengembangkan usaha kopranya ada 9 rekomendasi strategi yang dapat dijalankan sesuai kondisi perusahaan.

Keywords


Strategi, Pengembangan, Kopra, SWOT

References


Baskara, 2018. Kelembagaan Perkelapaan. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa V. Tembilahan, 22-24 Okt. Pustaka Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Bogor.

Bahri S. 2013. Tepung lengkuas sebagai adsorber untuk meningkatkan mutu minyak kopra. Jurnal Teknologi Kimia Unimal. 1(2): 49–62.

RAHMAN 2011. Strategi Pengembangan Usaha Kopra Dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus Desa Panyampa. Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Al Asyariah Mandar, Journal Peqguruang: Conference Series Eissn: 2686–3472.

David, Fred. R. 2004. Management Strategis: Konsep,Wd-7 (Jakarta: PT. Indeks, 2004.

Freddy Anggasta, 2013. Strategi Pemasaran Jamur Tiram Putih (Pleurotus Sp) Di Kota Medan.

FAOSTAT. 2016. Food and Agriculture Organization. Diakses melalui http://FAOSTATstat3.FAOSTAT.org/download/Q pada 13 Februari 2016.

Haidar, 2017, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016), hal. 23.

Helianto. 2010. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan kopra Pada PT. Sinar Purefoods Internasional Bitung. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 6 No. 2. 2010.

Icsan Stiyo Budi, Managemen Strategi, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), hal. 179

Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 02 No.01, 2013, hal. 03.

Istikomah dan Andriyanto. 2017. Focused SWOT: Diagnosing critical strengths and weaknesses. International Journal of Production Research, 47 (20): 5677–5689.

Irham, 2013. Strategi Pemasaran E-commerce Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM di Kota Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri : Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: