ANALISIS EFISIENSI EKONOMI RELATIF USAHATANI PADI SAWAH BERDASARKAN LUAS LAHAN SAWAH DI DESA SINDANGSARI, KECAMATAN BANJARSARI, KABUPATEN CIAMIS

Reza Siti Umaroh, Trisna Insan Noor

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Camis, Kecamatan Banjarsari Desa Sindangsari. Kabupaten Ciamis merupakan sentral utama di Priangan Timur. Desa Sindangsari merupakan desa yang luas lahannya tidak terlalu luas. Luas lahan memiliki peran penting dalam berusahatani. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat apakah ada perbedaan efesiensi antara petani yang memiliki luas lahan  dan petani yang memiliki luas lahan >0,41. Salah satu cara untuk menilai keberhasilan suatu proses produksi usahatani adalah dengan melakukan efisiensi ekonomi relatif usahatani. Untuk melihat perbedaan efisiensi relatif berdasarkan luas lahan petani padi sawah dengan menggunakan model analisis Cobb-Douglas. Dari hasil penelitian, terdapat perbedaan antara petani kecil yang mengelola lahan seluas  Ha lebih efisien dibanding dengan petani besar yang mengelola > 0,41 Ha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usahatani padi sawah di Desa Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis ini belum memberikan tingkat keuntungan yang maksimum kepada produsen atau petani. Skala usaha pada usahatani padi sawah di Desa Sindangsari Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis ini berada pada kondisi decreasing return to scale.

References


Budiono. 1992. Teori pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta, BPFE UGM.

Gustiyana, H. 2004. Analisis Pendapatan Usahatani untuk Produk Pertanian. Salemba empat: Jakarta.

Irawan B, Winarso B, Sodikin I, Gatoet SH. 2004. Analisis Faktor Penyebab Perlambatan Produksi Komoditas Pangan Utama. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian.

Juwandi. 2003. Analisis Keuntungan, Skala Usaha dan Efisiensi Ekonomi Relatif Usaha Peternakan Ayam Petelur di Kabupaten Kendal. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Diponegero. Semarang.

Kusnadi, N, dkk. 2011. Analisis Efisiensi Usahatani Padi di Beberapa Sentra Produksi Padi di Indonesia. Jurnal Agro Ekonomi, Volume 29 No. 1. Mei 2011.

Lau, L. J., and P. A. Yotopaulus. 1971. A Test for Realtive Efficiency and Application to Indian Agriculture. American Economic Review.

Lau, L. J., and P. A. Yotopaulus. 1972. Profit, Supply, and Factor Demand Function. Am. J. Agr. Econ. 54: 11-18.

Makarim, A.K., S. Abdurrachman, dan S. Purba. 2000. Efisiensi input produksi tanaman pangan melalui prescription farming. Dalam. Makarim, et al. (Eds). Tonggak Kemajuan Teknologi Tanaman Pangan. Konsep dan Strategi Peningkatan Produksi Pangan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Bogor.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Edisi ke-tiga, LP3S.

Sapuan., dan S, Chrisman, 1994. Prosiding Seminar Pembangunan Pertanian Dalam Menanggulangi Kemiskinan, PERHEPI (Perhimpunan Ekonomi Pertanian).

Soekartawi. 1993. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian – Teori dan Aplikasi. PT. Raja Grafindo. Jakarta.

Soekartawi. 2003. Analisis Usaha Tani. UI Press. Jakarta.

Soekartawi. 2006. Teori Ekonomi Produksi, Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudarsono. 1994. Hukum Waris dan Sistem Bilateral. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumbodo, B. T. 1996. Analisis Efisiensi Ekonomi Relatif Usahatani Kopi Rakyat di Timor Timur. Tesis. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yotopoulos, Pan, A and Nugent, Jeffrey B. 1976. Economics of Development (Empirical Investigations) Harper International Edition. Harper & Row Publishers. New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: