NILAI TAMBAH DAN PENDAPATAN USAHA PARE CRISPY (Studi Kasus pada Agroindustri Reginda Jamur di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar)

Atih - Nurhasanah, Dini Rochdiani, Budi Setia

Abstract


Agroindustri Reginda ini menghasilkan produk pare, yaitu pare crispy yang enak. Di mana pare biasanya digunakan untuk membuat sayur-sayuran dan lalapan. Pare tidak disukai karena rasanya yang pahit. Namun, pare dapat diolah dengan benar untuk menghilangkan rasa pahitnya. Kedepannya, pasti akan ada peminat untuk mengkonsumsi pare yang diolah. Agroindustri Reginda Pare Crispy merupakan industri yang mengolah pare menjadi pare crispy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pendapatan usaha pare crispy Reginda Jamur di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar, (2) Nilai tambah pare crispy Reginda Jamur di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Je Studi kasus adalah jenis penelitian yang dilakukan. Data primer dan sekunder digunakan. Teknik penarikan sample yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling purposive. Metode analisis data yang dilakukakan dengan perhitungan pendapatan dan peningkatan nilai melalui metode hayami. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : 1). Besarnya pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 511.874,86. 2). Nilai tambah yang dihasilkan oleh Agroindustri Pare Crispy sebesar Rp. 58.300 per produk.Kata Kunci : Pendapatan, Nilai Tambah, Pare Crispy

Keywords


Pendapatan, Nilai Tambah, Pare Crispy

References


Subijanto. 2011. Peran Negara dalam Hubungan Tenaga Kerja di Indonesia. (online). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 17, No. 6, November 2011: 708. (http://www.jurnaldikbud.net/index.php/jpnk/article/download/61/58). Diakses 16 April 2016.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan Reseach and Develovment. Bandung: Alfabeta.

Suratiyah, K. 2015. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Wijaya, H. (2016). Kualitas Permen Jeli Rendah Kalori Kombinasi PARE (Momordica charantia L.) dan Pandan Wangi (Pandanus amaryllifolius Roxb.) Dengan penambahan sorbitol.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: