ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM IKAN ASIN DAN TERASI DI DESA MUARABARU KECAMATAN CILAMAYA WETAN KABUPATEN KARAWANG

Nanda Risa Anggraini, Slamet Abadi, Yeni Sari Wulandari

Abstract


Pemanfaatan hasil olahan perikanan melalui indsutri yang berskala UMKM oleh masyarakat di Desa Muarabaru menjadi salah satu sumber pendapatan mereka, namun ternyata pendapatan yang diperoleh mengalami fluktuatif, hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan dan parsial variabel modal, pendidikan, tenaga kerja, lama usaha, jumlah tanggungan keluarga, dan pemasaran terhadap pendapatan usaha olahan perikanan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus, dengan responden yang berjumlah 41 pelaku usaha ikan asin dan terasi. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa secara simultan variabel modal, pendidikan, tenaga kerja, lama usaha, jumlah tanggungan keluarga, dan pemasaran berpengaruh signifikan terhadap variabel pendapatan. Secara parsial pada taraf signifikansi 5% variabel modal, lama usaha, dan jumlah tanggungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan, variabel pendidikan dan tenaga kerja bernilai negatif dan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan, dan variabel pemasaran bernilai negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan. Sebaiknya pelaku usaha memperhatikan modal, pendidikan, tenaga kerja, lama usaha, dan jumlah tanggungan keluarga sehingga pendapatan dapat meningkat, sedangkan pemasaran sebaiknya dilakukan melalui pemanfaatan media online supaya jangkauan kosumen pun semakin luas sehingga pendapatan yang diterima dapat meningkat

Keywords


ikan asin, pendapatan, regresi linear, terasi

References


Agam, B., Eka, N., Risa, W., & Wahyuni, A.P. (2022). Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Terhadap Pendapatan Usaha Ikan Asin Di Kecamatan Pemangkat Kabupaten Sambas. PAPALELE: Jurnal Penelitian Sosial Ekonomi Perikanan Dan Kelautan, 6(1): 57–67.

Anshari, A.F. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengusaha Buah di Kota Makassar (Studi Kasus Kecamatan Rappocini). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang. (2022). Kabupaten Karawang Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik. Karawang.

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2). Guepedia, Jakarta.

Diandrino, D., & Pratomo, D.S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan UMKM Kedai Kopi di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 6(2).

Dinas Perikanan Kabupaten Karawang. (2018). Rencana Kerja Tahun 2018. Dinas Perikanan. Karawang.

Hamdani. 2020. Mengenal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Lebih Dekat. Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo.

Nugraha, J.P., & Rahardjo, R. (2022). Pengaruh Faktor Sosial dan Ekonomi terhadap Pendapatan Usaha Pengolahan Terasi Udang Rebon di Desa Sirnoboyo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Farmosa Journal of Multidiscplinary Research (FJMR), 1(6): 1365-1380.

Rikah, & Kusumaningsih, N. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Petani Garam Kawasan Pesisir Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 13(2): 316–330.

Silviana, F., Adnan, M., & Fithriady. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal of Sharia Economics, 3(1): 69–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i1.12456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: