STRATEGI PENGEMBANGAN KAMBING PERAH SAPERA (Studi Kasus Peternakan Purefresh Dairy Farm di Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis

Imam Rustandi, Tiktiek Kurniawati, Dini Rochdiani

Abstract


IMAM RUSTANDI, 2023, Strategi Pengembangan Kambing Perah Sapera (Studi Kasus Pada Peternakan Purefresh Dairy Farm) di bawah bimbingan HJ DINI ROCHDIANI dan TIKTIEK KURNIAWATI  Kambing perah merupakan jenis kambing yang dapat memproduksi susu dengan jumlah melebihi kebutuhan anaknya, selain dimanfaatkan susunya juga mampu menghasilkan daging. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Mengetahui faktor Internal dan Eksternal yang mempengaruhi Peternakan Purefresh Dairy Farm (2) Mengetahui strategi pengembangan Peternakan Kambing Perah Sapera Purefresh Dairy Farm yang ada di Desa Petirhilir, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. (3) Mengetahui strategi alternatif pengembangan Peternakan Kambing Perah Sapera Purefresh Dairy Farm. Metode penelitian yang digunakam dalam penelitian ini adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini yaitu pemilik peternakan Kambing Perah dipilih dengan cara purposive sampling dengan cara disengaja bahwa Peternakan Purefresh Dairy Farm sudah lama berdiri sejak tahun 2017 dan merupakan peternakana terbesar di Kabupatren Ciamis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) faktor internal dari Peternakan Purefresh Dairy Farm diantaranya adalah kekuatan yang meliputi : merupakan peternakan kambing perah terbesar, Modal yang kuat, Teknologi produksi yang memadai, serta kandang yang higienis, adapun kelemahannya meliputi : Lahan yang terbatas, limbah belum diolah, promosi , serta tidak memiliki tenaga medis khusus. (2)Strategi alternatif yang digunakan adalah Strategi Agresif. (3)Prioritas strategi yang digunakan adalah Strategi SO yaitu Membangun kemitraan di luar daerah agar mampu meningkatkan produksi dan Serta Menambah populasi kambing agar Perusahaan mampu memenuhi permintaan pasar Kata Kunci: Strategi Pengembangan, Agroindustri, Kambing Perah, SWOT.

Keywords


Strategi Pengembangan, Agroindustri, Kambing Perah, SWOT.

References


Anwar,C. dan Utami,C. (2012) Analisis SWOT pada Strategi Bisnis dalam Kompetisi Pasar Jurnal Sistem Informasi , 5(1), 2012, 1-9

Dinas Peternakan Dan Perikanan Kabupaten Ciamis 2023

Febrianto.dkk (2021). Karakteristik Kandungan Kimia Kolostrum Kambing Sapera Dan Saanen Di Sumedang Jawa Barat Characteristics of Chemical Content of Colostrum Goats Sapera and Saanen in Sumedang West Java. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 9, 96–101.

Ginting, J., Marpaung, P., Munthe, K. P. S., Quality, M. U., Quality, D. U., & Etawa, P. K. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Peternakan Kambing Peranakan Etawa (Capra Aegagrushicus ) Di Desa Suka. Regionomic, 2(01), 25–34.

Hasnudi, Patriani, P., Ginting, N., & Siregar, G. A. W. (2020). Pengelolaan Ternak Kambing Dan Domba Edisi 2. May 2020, 143.

Kurnia,U (2014) Prospek Pengairan Pertanian Tanaman Semusim Lahan Kering. Jurnal Litbang Pertanian, 23(4), 2004. 131-132

Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., Retnowati, E., Darmawan, D., & Putra, A. R. (2022). Strategi Pengembangan Usahatani Kabupaten Malang. Jurnal Manajemen, Bisnis, dan Kewirausahaan 21–32.

Rahma, I., (2018). Strategi Komunikasi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Boyolali Dalam Sosialisasi Program E-Government Untuk Mewujudkan Boyolali Smart City. Jurnal Kommas,(3-4)

Rangkuti, F. (2019). Analisis SWOT Teknik membedah Khusus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Rusdiana, dkk (2015). Kualitas Dan Produktivitas Susu Kambing Perah Persilangan Di Indonesia. Jurnal Litbang Pert. Vol. 34 No. 2 Juni 2015: 78-79

Rusdiana,dkk. (2016). Kualitas Dan Produktivitas Susu Kambing Perah Persilangan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, 34(2), 79.

Setiawan. (2018). Metodologi penelitian kualitatif.(8). Sukabumi. CV Jejak

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: