ANALISIS KELAYAKAN USAHA AGROINDUSTRI LANTING DI DESA PAMARICAN KECAMATAN PAMARICAN KABUPATEN CIAMIS

Fiska Ayu Nur Agustina, Trisna Insan Noor, Rian Kurnia

Abstract


Kelayakan usaha diperlukan untuk melihat mengenai layak atau tidak layak suatu usaha. Dalam menjalankan usaha masalah yang dihadapi pelaku usaha belum memperhitungkan secara terperinci biaya, penerimaan, pendapatan dan kelayakan untuk memperoleh keuntungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Biaya, penerimaan dan pendapatan pada agroindustri lanting di Desa Pamarican Kabupaten Ciamis. 2) Kelayakan ekonomi pada agroindustri lanting di Desa Pamarican Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Sampel penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling) sebagai lokasi penelitian dengan pertimbangan bahwa agroindustri lanting rutin melalukan proses produksi secara berkelanjutan dan memiliki potensi untuk dikembangkan. Hasil penelitianmenunjukan bahwa: 1) Biaya total agroindustri lanting dalam satu kali proses produksi Rp. 3.390.688,57 penerimaan Rp. 6.600.000, dan pendapatan Rp. 3.209.311,43. 2) Besarnya R/C agroindustri lanting adalah 1,94 dan usaha lanting di Desa Pamarican Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis layak untuk diusahakan. Kata Kunci: Agroindustri, Biaya, Penerimaan, Pendapatan, R/C

Keywords


Agroindustri, Biaya, Penerimaan, Pendapatan, R/C

References


Huseiiin, S., Karnawatii, D., Pramuniijoyo, S., & Ratdomopurbo, A. 2007. Kontrol Geiologii Teirhadap Reispon Lahan Dalam Geimpa Bumii Yogyakarta 27 Meiii 2006: upaya peimbuatan peita zonasii miikro dii daeirah Bantul. Iin Proceieidiing Seimiinar Nasiional 2007 Geioteichniics for Eiarthquakei Eingiineieiriing (pp. 6-1).

Khomah, Ii. dan R. U. Fajarniingsiih. 2019. Poteinsii Dan Prospeik Peimanfaatan Lahan Peikarangan Teirhadap Peindapatan Rumah Tangga. Jurnal SEiPA, 15 (2): 156-163.

Naseihudiin, T. S., & Gozalii, N. 2012. Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif. Bandung: CV Pustaka Seitiia.

Sarjiiyah, G. S. 2016. Kajiian Waktu Tanam Pada Peirtumbuhan dan Hasiil Siingkong Variieitas Gambyong dii Gunungkiidul. Proceieidiing of Thei UREiCOL. 361-370.

Sugiiyono. 2016. Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif, kualiitatiif dan R&D. Bandung: Alfabeita.

Sugiiyono. 2017. Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif, kualiitatiif dan R&D. Bandung: Alfabeita.

Suratiiyah, Kein. 2015. Iilmu Usahatan eidiisii reiviisii. Jakarta : Peineibar Swadaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: