EFISIENSI SALURAN PEMASARAN JAGUNG HIBRIDA

Rasimin Rasimin, Sudrajat Sudrajat, Rian Kurnia

Abstract


Jagung hibrida (Zea mays L.) di Indonesia memiliki peran penting sebagai komoditas pangan yang menduduki peringkat kedua setelah padi. Selain digunakan sebagai bahan pangan, belakangan ini juga digunakan sebagai sumber pakan ternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Saluran Pemasaran Jagung Hibrida (Zea mays) di Desa Caruy, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, serta untuk mengevaluasi efisiensi Saluran Pemasaran Jagung Hibrida di wilayah tersebut. Penelitian ini dilakukan di Desa Caruy, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, dengan menggunakan metode survei. Dalam pengambilan sampel, digunakan dua metode, yaitu sampling jenuh untuk petani jagung hibrida dan snowball sampling untuk lembaga pemasaran. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dengan fokus pada analisis saluran pemasaran, biaya pemasaran, margin, dan persentase pendapatan petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Saluran Pemasaran 3 (Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir) adalah yang paling umum digunakan dalam memasarkan jagung hibrida di Desa Caruy, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap hingga mencapai konsumen akhir. Berdasarkan hasil penelitian, Saluran Pemasaran 3 dianggap lebih efisien karena mampu menampung seluruh hasil produksi jagung hibrida yang dihasilkan oleh para petani. Persentase pendapatan petani, yang dikenal sebagai "farmer’s share," adalah sebesar 66,25 persen.

Keywords


Jurnal

References


Alam, S. A., Susanto, H.A. 2019. ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN MANGGIS STUDI KASUS DI KELOMPOK TANI MANGGISTA DESA CIBOKOR KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN CIANJUR. https://www.researchgate.net/publication/348934524_ANALISIS_SALURAN_DAN_MARGIN_PEMASARAN_MANGGIS_STUDI_KASUS_DI_KELOMPOK_TANI_MANGGISTA_DESA_CIBOKOR_KECAMATAN_CIBEBER_KABUPATEN_CIANJUR. Diakses pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023 pukul 11: 12.

Alizah, N. M. dan Rum, M. 2020. Jurnal Agriscience Vol.1 No. 2 hlm 448-463. Kinerja Pemasaran Dan Strategi Pengembangan Jagung Hibrida Unggul Madura Mh-3 Di Kabupaten Bangkalan. http://www.mendeley.com/catalog/46e60855-901f-362b-8c73-d59cb23a391a/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B59c9cd84-c4a9-3835-9e81-0a7ff6b229eb%7D# diakses pada hari Kamis tanggal 6 April 2023 pukul 4:33

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Fandy, D. 2020. Pemasaran : Penerbit Andi Ofset. Yogyakarta

Fatmawati F, Zulham Z, 2019. Jurnal Gorontalo Agriculture Technology Journal Vol 2 No. 1. Analisis Margin dan Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea Mays) di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. http://www.mendeley.com/research/e3fa1db5-4f7d-3a8a-a8d2- 4c0c2f399a1/?utm_source=desktop&utm_medium=1.19.8&utm_campaign=open_catalog&userDocumentId=%7B56909e2d- 504-3b27-823f-994ff0301c50%7D# diakses pada hari Kamis tanggal 6 April 2023 pukul 4:26

Istiyanti, E. 2010. Efisiensi Pemasaran Cabai Merah Keriting Di Kecamatan Ngenolak Kabupaten Sleman.Mapeta, 12 (2): 116-124. Sleman.

Iswahyudi dan Sustiyana, 2019. POLA SALURAN PEMASARAN DAN FARMER’S SHARE JAMBU AIR CV CAMPLONG. https://media.neliti.com/media/publications/292609-pola-saluran-pemasaran-dan-farmers-share-ca3a6078.pdf. Diakses pada hari Sabtu tanggal 29 Juli 2023 pukul 10:48.

Kastaman, R. 2006. Pengembangan Model Agroindustri dan Pemasaran Terpadu Komoditi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: