HUBUNGAN KARAKTERISTIK DENGAN PERAN PELAKU AGRIBISNIS JAGUNG DI KECAMATAN CISAGA KABUPATEN CIAMIS

Neni Sumarni, Iwan Setiawan, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


Pengembangan jagung hibrida di desa dan kecamatan sentra produksi di Kabupaten Ciamis tidak hanya sebatas peningkatan produksi dan produktifitas melalui perbaikan teknik budidaya dan penggunaan input produksi. Sebagai komoditas yang multifungsi dan multiguna, jagung hibrida seharusnya dikembangkan dari hulu sampai hilir berdasarkan kerangka sistem agribisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat karakteristik pelaku agribisnis jagung, peran pelaku agribisnis jagung dalam sistem agribisnis dan hubungan antara karakteristik pelaku agribisnis jagung dengan peran pelaku agribisnis jagung di Kecamatan Cisaga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Survey dilakukan di Kecamatan Cisaga terhadap 44 anggota kelompok tani yang diambil secara simple random sampling dari 180 orang populasi. Data primer yang dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner kemudian ditabulasi dan dianalisis secara statistik deskriptif dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat karakteristik pelaku agribisnis jagung di Kecamatan Cisaga berada pada kategori tinggi (56,82%). Tingkat peran pelaku agribisnis  berada pada kategori tinggi (65,91%). Terdapat hubungan yang nyata antara tingkat karakteristik pelaku agribisnis jagung dengan peran pelaku agribisnis jagung di Kecamatan Cisaga. Artinya, semakin tinggi tingkat karakteristik pelaku agribisnis jagung maka semakin tinggi pula tingkat peran pelaku agribisnis jagung yang dikembangkan petani untuk peningkatan produktivitas, pendapatan dan nilai tambah di Kelompok tani di Kecamatan Cisaga. Kata Kunci : karakteristik, peran, agribisnis, jagung

Keywords


Kata Kunci : karakteristik, peran, agribisnis, jagung

References


Balai Penyuluhan Pertanian, 2022. Luas Tanam, Panen, Produksi dan Produktivitas Jagung. BPP Cisaga.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. 2022. Luas Tanam, Panen, Produksi dan Produktivitas Jagung. Dinas Pertanian.

Erna S. Rahayu, 2018. Analisis Karakteristik Petani dan Kinerja Usahatani jagung manis (zea mays saccaratha L.) di Kelompok Tani Kuncup Mekar Kelurahan Juata Terikil Kota Tarakan. Fakultas Pertanian Universitas Borneo Tarakan 2018.

Faisal, Sanapiah, 2010. Pengumpulan dan Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif. Dalam Burhan Bungin (editor). Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofi dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model aplikasi (64-79). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Gusti, 2021. Pengaruh Umur, Tingkat Pendidikan dan Lama Berusahatani Terhadap Pengetahuan Petani Mengenai Manfaat dan Cara Penggunaan Kartu Tani di Kecamatan Parakan. Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponoegoro.

Luh Italiani. 2019. Pengaruh Kemampuan, Keberanian, Keteguhan Hati Dan Kreativitas Terhadap Kesuksesan Wirausahawan Di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 11 No. 2 Tahun 2019. Universitas Pendidikan Ganesha

Sugiono, 2010. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Umbu Maramba, 2018. Pengaruh Karakteristik Terhadap Pendapatan Petani Jagung Di Kabupaten Sumba Timur (Studi Kasus: Desa Kiritana, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: