STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI SALE PISANG

Adi Wahyu Randhani, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2023 di kecamatan Pamarican kabupaten Ciamis yang bertujuan mengetahui alternative strategi pengembangan agroindustri sale pisang, yang dilakukan secara purposive bahwa wilayah ini merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah pelaku agroindustri sale pisang terbanyak yang ada di kabupaten Ciamis.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah sale pisang layak untuk di usahakan dan strategi pengembangan usaha sale pisang. Metode penarikan sampel menggunakan Sample Jenuh yaitu semua anggota populasi diambil sebagai anggota sampel.Hasil penelitian yang diperoleh dari argoindustri sale pisang ini sangat layak dikembangkan di daerah penelitian, karena selain keuntungannya yang besar proses pengolahan juga cukup mudah. Strategi pengembangan yang harus dilakukan usaha sale pisang adalah strategi SO (Strength - Opportunities), yaitu meningkatkan kualitas produksi serta melakukan promosi secara terus menerus agar keinginan konsumen terpenuhi (S1,3 dan O1).Rekomendasi penelitian : Semoga penelitian ini dapat bermanfaat terhadap pelaku usaha sale pisang, karena dari hasil penelitian yang saya lakukan usaha sale pisang sangat baik kedepannya. Semoga dengan adanya penelitian ini dapat memotivasi pelaku usaha sale pisang untuk lebih meningkatkan produksi dalam usaha sale pisang.

References


Hicks. (1995). Strategi Pengembangan Argoindustri Manisan Mangga ( Studi Kasus pada UMKM Satria di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon ). Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, 5(1), 961–

Kusnandar. (2010). Strategi Pengembangan Argoindustri Sale Pisang Di Desa Purwo Bakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Jambi, 7–8.

Rangkuti. (2009). Analisis SWOT sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Strategi Bisnis. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Lamongan, 4(2), 1–12.

Retno dan Nuri. (2011). Asal Usul Dari Tanaman Pisang. Karya Tulis Ilmiah Politeknik Sriwijaya, 6–18.

Sakina. (2022). Cara Menanam Pohon Pisang. Www.Kompas.Com. https://agri.kompas.com/read/2022/10

/05/144921084/cara-menanam- pohon-pisang-agar-panennya- bermutu?page=all

Soekarwati. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Keripik Pisang Gosong Desa Teratak Perkebunan Sei Bejangkar Kecamatan Sei Balai Kabupaten Batubara. Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Suratiyah. (2015). Analisis Biaya, Pendapatan Dan R/C Usaha Tani

Jahe( Zingiber officinale ) (Suatu Kasus di Desa Kertajaya Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis).

Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Galuh Ciamis, 1, 1–7.

Van Steenis. (1981). Klasifikasi Tanaman Pisang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: