ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA CIBEUREUM KECAMATAN SUKAMANTRI KABUPATEN CIAMIS

Virgina Fenia Pebriani, Budi Setia, Saepul Aziz

Abstract


Bawang merah sebagai salah satu produk hortikultura telah cukup lama dikenal masyarakat luas sebagai bahan makanan. Salah satu jenis bawang merah yang paling umum di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis adalah bawang merah dengan jenis bima dengan jumlah produksinya per musim rata-rata bisa mencapai 250 kilogram, Tetapi masih terdapat permasalah dalam proses pemasarannya seperti lemahnya koordniasi setiap Lembaga pemasaran dan saluran pemasaran belum jelasnya saluran pemasaran bawang merah. Peneliti memiliki tujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, Marjin pemasaran, Biaya pemasaran, keuntungan, farmer’s share dan efisiensi pemasaran bawang merah. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kuantitatif deskriptif, pengambilan sampel petani dilakukan dengan cara purposive sampling, sedangkan pengambilan sampel pedagang dilakukan dengan cara snowball sampling. Lokasi penelitian di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis. Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 20 petani bawang merah di Desa Cibeureum Kecamatan Sukmantri Kabupaten Ciamis, pedagang besar 1 orang dan pedagang pengecer 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran bawang merah di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran     pemasaran   II memiliki    total    biaya    pemasaran   tertinggi yakni Rp 1.700/kg, margin pemasaran tertinggi yakni Rp 10.000/kg, dan keuntungan pemasaran tertinggi yakni Rp 4.500/kg. Saluran II merupakan saluran terpanjang dibandingkan saluran I yang hanya memiliki    total    biaya    pemasaran yakni Rp 500/kg, margin pemasaran yakni Rp 10.000/kg, dan keuntungan pemasaran yakni Rp 4.500/kg. Hal ini membuat aspek biaya, margin dan keuntungan memiliki nilai lebih tinggi dikarenakan lembaga pemasaran yang terlibat lebih banyak. Saluran dengan bagian harga yang diterima oleh petani (farmer,s share) tertinggi yakni pada saluran I sebesar 65,21%. Hal ini disebabkan karena saluran I lebih pendek dibandingkan saluran II yang hanya memiliki nilai farmer’s share sebesar 60%. Saluran I adalah saluran pemasaran paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II berdasarkan nilai Efisiensi pemasaran yaitu sebesar 4,34 persen. Sementara saluran pemasaran II memiliki nilai Efisiensi Pemasaran sebesar 6,8.

References


Astuti, D. R. D. 2017. Aksal Mursalat, Iranita Haryono, Astrini Padapi, Imade Yoga Prasada, Bahtiar Herman, Nining. 2022. Efisiensi Pemasaran Melalui Inovasi Produk Pertanian. Bandung: Media Sains Indonesia.

Alfonsus, Yudhanto Sara. Selvie, Tumbelaka. Rinny, Mamarimbing. 2019. Respon Pertumbuhan dan Hasil Bawang Merah (Allium ascalonicum L. var Lembah Palu)Terhadap Respon Pupuk Organik Cair. Jurnal Agribis. 11(1).

Angipora. 2002. Dasar Dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Apri, B. 2013. Manajemen Pemasaan. Ciamis : Galuh Nurani.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cifta.

Ekonomika Agribisnis. Makasar : Rumah Buku Cara Baca.

Awaliyah, F., & Saefudin, B. R. 2020. Efisisensi Pemasaran Komoditas Mangga Gedong Gincu Di Kabupaten Cirebon. Paradigma Agribisnis, 3(1), 1–11.

Direktorat Perbenihan Hortikultura, 2019. Pedoman Pemurnian Varietas Bawang Merah. Direktorat Jenderal Hortikultura. Kementerian Pertanian.

Ilahude, Mega Artha. 2013. Analisis Sistem Pemasaran Kopra di Kabupaten Gorontalo (Suatu Studi di Kecamatan Limboto). Skripsi. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kartinaty, T. 2018. Penampilan Pertumbuhan Dan Produksi Lima Varietas Bawang Merah (Allium ) Di Kalimantan Barat. Jurnal Buana Sains. 18(2);103-108.

Kotler, Philip & Amstrong, G. 2016. Principles of marketing (11 ed.). In New York: Pearson International.

Maisaroh, S. 2019. Metedologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta. Penerbit Samudra Biru.

Marisa, J. 2016. Analisis Pemasaran Buah Pepaya Di Desa Matungkas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Agribisnis Sosial Ekonomi. 12(2);53-76.

Maulany, Raymond. 2023. Manajemen Produksi dan Operasi. Bandung: Alfabeta.

Melati Rosanensi , Kartarina , Wisnu Yunanda. (2022). Rancang Bangun Game Edukasi Bermain Dan Belajar Bahasa Inggris Berbasis Mobile Untuk Anak Usia Dini, Jurnal ilmiah Teknik informatika dan sistem informasi, vol. 11 (1).

Muhammad Ibnu Iqbal, Mohammad Anwar Sadat, A. 2020. Muhammad Ibnu Iqbal, Mohammad Anwar Sadat, Azisah : Analisis Saluran dan Margin Pemasaran Umbi Porang (Studi Kasus di Kelurahan Balleangin Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan). 12(2), 1–12.

Nurzakia., Umrah., dan Thaha, A. 2017. Aplikasi Biokompos “Trichosubur Protect” Dan Pengaruhnya Terhadap Berat Umbi Bawang Merah (Allium




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: