EFISIENSI PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI TAHU

Andry Ramdani, Iwan Setiawan, Rian Kurnia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran tahu dari podusen sampai ke konsumen pada Perusahaan Tahu Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran tahu dari podusen sampai ke konsumen pada Perusahaan Tahu Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, (3) Efisiensi pemasaran pada Perusahaan Tahu di Surya Ganda Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak empat orang yang terdiri dari satu orang produsen, satu orang pedagang besar, dan dua orang pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  Terdapat dua saluran pemasaran. 2) Pada saluran 1 tidak ada marjin, keuntungan dan biaya pemasaran, karena konsumen datang langsung ke produsen. Sedangkan pada saluran 2 besarnya marjin total pemasaran sebesar Rp. 200,- per buah dengan biaya total pemasaran sebesar Rp. 6,77,- per buah sehingga  keuntungan total pemasaran sebesar Rp. 193,23,- per buah. 3) Efisiensi pemasaran pada Perusahaan Tahu di Surya Ganda di Kelurahan Ciherang Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya dikatakan sudah efisien dengan nilai sebesar 0 persen pada saluran, sedangkan dengan nilai sebesar 1,23 pada saluran 2.

References


Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kota Tasikmalaya 2022. Daftar Potensi Industri Makanan Olahan Kota Tasikmalaya. Disperindag Kota

Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing. 17th Global Edition. Pearson Education Limited. London.

Megiana, 2018. Analisis Saluran Pemasaran Serundeng Kelapa (Studi Kasus pada Perusahaan Serundeng Sari Ayam Cap Koki di Desa Saguling Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Galuh. Ciamis.

Soekartawi. 2010. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Stanton, W. J. (2015). Prinsip Pemasaran (7th ed.). Erlangga.

Swastha, B dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: