STRATEGI PEMASARAN TEH CELUP GOALPARA INDUSTRI HILIR TEH PT.PERKEBUNAN NUSANTARA VIII (Studi Kasus Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung, Provinsi Jawa Barat)

Maulida Nabila Rosyalina, Gema Wibawa Mukti

Abstract


Perkebunan Negara di Jawa Barat yang bergerak di bidang komoditas teh adalah PT. Perkebunan Nusantara VIII (PTPN VIII). PTPN VIII memiliki unit usaha dengan tujuan mengembangkan produk hulu teh menjadi produk hilir teh yang dikenal dengan Industri Hilir Teh  (I-Teh). I-Teh PTPN VIII memproduksi beberapa produk teh dengan salah satu mereknya adalah Goalpara. Teh Goalpara merupakan teh produksi dalam negeri yang dibuat dari bahan baku yang berasal dari perkebunan milik sendiri. Pada kenyataannya, Teh Celup Goalpara mengalami masalah dalam memasarkan produknya seperti kurangnya distribusi ke swalayan-swalayan kecil, promosi yang kurang optimal yang mengakibatkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk tersebut dan persaingan dengan produk teh celup sejenis yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang strategi pemasaran yang tepat melalui alat analisis SWOT dan AHP. Metode SWOT digunakan untuk mengetahui keadaan internal dan keadaan eksternal pada perusahaan tersebut kemudian menggunakan metode AHP yang digunakan untuk memilih prioritas alternatif strategi pemasaran yang tepat. Matriks IFE memiliki nilai tertimbang 2,58 yang artinya posisi internal yang kuat, matriks EFE memiliki  nilai tertimbang 2,46 yang artinya perusahaan merespon dengan baik peluang dan ancaman yang ada. Posisi perusahaan berada pada kuadran V yang artinya “Hold and Maintain”. Dari hasil pengolahan AHP diketahui strategi yang yang dipilih adalah meningkatkan pelatihan terhadap karyawan (0,241) dan meningkatkan penjualan dengan penerapan digital marketing (0,202).

References


Fuad, dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 1995. Dasar-dasar pemasaran Philip Kotler, Gary Armstrong; alih bahasa, Wihelmus W. Bakowatun; editor, Heru Sutojo. Edisi VI. Intermedia: Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. 2016. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Saaty T. L. 1993. Proses Hierarki Analitik untuk Pengambilan Keputusan dalam Situasai yang Kompleks (Terjemahan). PT Pustaka Binaman Pressindo. Jakarta.

Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Jakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Top Brand Award. 2018. “Top Brand Index Kategori Teh 2018” melalui

Umar, Husein. 2008. Strateguc Management un Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: