PENGARUH PENGEMBANGAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PEMBELIAN PADA UMKM RANAU BABAN OLEH-OLEH KHAS RANAU DI BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU

Melsi Ameliah

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh pengembangan dan kualitas produk terhadap pembelian pada usaha Ranau Baban. Metode penelitian menggunakan metode survei dan pengambilan data menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 38 sampel. Penelitian ini menggunakan teknik skoring dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan Pada variabel pengembangan produk terhadap pembelian diperoleh nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,002 yang lebih kecil dari 0,05 artinya variabel pengembangan produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian. Hasil uji t pada pengaruh kualitas produk terhadap pembelian diperoleh nilai thitung > ttabel dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,013 yang lebih kecil dari 0,05 artinya variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian. Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung (70.558) > Ftabel (3,26) dan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,000 dan nilai ini lebih kecil dari a (0,05) atinya bahwa variabel pengembangan produk dan kualitas produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Besarnya pengaruh dari pengembangan produk, kualitas produk dan juga kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian adalah 0,801 atau 80.1% yang artinya pengaruh ini berada pada kategori yang kuat.

Keywords


Pengaruh, Pengembangan, Kualitas, Produk, UMKM

References


Ato’Illah. (2015). Analisis Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pupuk. WIGA: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 5(1), 68-73.

Hanim, Soponyono, & Maryanto. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, No. 1, pp. 30-39).

Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3),1–24.

Merzarani, Rusdi, & Lidyah. (2023). Anaisis Inklusi Keuangan Bagi Pelaku UMKM di Kabupaten Ogan Komering Ulu: Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Baturaja. Medina-Te: Jurnal Studi Islam, 19(1), 64-76.

Putra, M. M., Ogari, P. A. Y. U., & Pusvita, E. M. A. (n.d.). Dampak Keberadaan Pasar Emak Terhadap Kehidupan Ekonomi Dan Sosial Masyarakat Di Kelurahan Talang Jawa. 1880–1886.

Rahayu, Oktrima, & Qurbani. (2020). Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Tas Anyaman Pada Umkm Di Kota Tangerang Selatan. Prosiding Senantias: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1401–1410.

Rahmat, & Anastasia. (2023). Pengembangan Kemasan Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Pada Umkm Kopi 919. Admit: Jurnal Administrasi Terapan, 1(1), 1-15.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Surya, & Wilarso. (2022). Pendampingan Dasar-dasar Strategi Pemasaran dalam Era Digital untuk UMKMKecamatan Cileungsi. Wikrama Parahita, 6 (1), 23–28.

Wijoyo, (2020). Digitalisasi umkm pasca pandemi covid-19 di riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara, 12.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.12856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: