FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI DAN EFISIENSI PENGGUNAAN INPUT USAHATANI KOPI ORGANIK (Suatu Kasus di Kelompok Tani Hutan Girisenang Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung)

iqbal taufik suherman, Eti Suminartika

Abstract


Permintaan kopi dalam negeri dan ekspor  terus meningkat namun tingkat produktivitas kopi tingkat provinsi Jawa Barat dan nasional relative masih rendah. Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor–faktor yang mempengaruhi  produksi kopi organik dan menganalisis efisiensi penggunaan faktor produksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari petani,  teknik penarikan sampel petani dilakukan secara sensus yaitu mengambil keseluruhan populasi sebanyak 31 orang petani, untuk menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi produksi digunakan analisis fungsi produksi Cobb-Douglas, sedangkan untuk menganalisis efisiensi penggunaan input digunakan analisis matematik yaitu persamaan hasil marginal sama dengan biaya marginal. Penelitian dilaksanakan di Kelompok tani hutan Girisenang pada bulan Agustus 2023. Hasil penelitian menunjukan input yang berpengaruah terhadap produksi kopi organik adalah tenaga kerja  dan umur tanaman.  Nilai koefisien regresi tenaga kerja adalah 1,213 dan usia tanaman dengan nilai koefisien regresi 0,890, tenaga kerja berpengaruh signifikan karena petani menggunakan tenaga kerja dalam keluarga yang relative terbatas, sedangkan usia tanaman baru  mencapai 5 tahun dimana belum mencapai puncak produksi. Penggunaan input tenaga kerja oleh petani belum efisien sehingga perlu penambahan input tersebut.

Keywords


Produksi, Kopi organik, Efisiensi, Cobb-Douglass

References


Anggita, D., & Kusmiati, A. (2018). AGRIKA (Vol. 12, Issue 2).

Anggraeni, Y., Setiawan, I., & Yuniawan Isyanto, A. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PRODUKSI KOPI DI DESA KERTAMANDALA KECAMATAN PANJALU KABUPATEN CIAMIS FACTORS AFFECTING COFFEE PRODUCTION IN KERTAMANDALA VILLAGE PANJALU DISTRICT CIAMIS REGENCY.

Nirmala, B., & Hardjanto, A. (2022). Analisis Efisiensi Usahatani Kopi Robusta di Desa Purwabakti Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Indonesian Journal of Agriculture Resource and Environmental Economics, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.29244/ijaree.v1i1.40137

Perkebunan, K. P. D. J. (2014). Pedoman Teknis Budidaya Kopi Yang Baik. Kementrian Pertanian.

Rahardjo. (2012). Kopi ( Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta ). Penebar Swadaya Grup.

Rubiyo, Kartini, L., & Agung, I. M. S. A. (2005). Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Dan Lama Fermentasi Terhadap Mutu Fisik Dan Citarasa Kopi Arabika Varietas S 795 Di Bali. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 8(2), 250–260.

Sosial, J., Pertanian, E., Isyariansyah, M. D., Sumarjono, D., & Budiraharjo, K. (2018). AGRISOCIONOMICS ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG Analysis of Determinant Factors Influencing Robusta Coffee Production in Sumowono District Regency of Semarang. 2(1), 31–38. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/agrisocionomics

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RnD. Alfabeta.

Sukartawi. (2003). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb Douglas. Rajawali Pers.

Suminartika, E. (2018). Analisis efisiensi usahatani kedelai. Unpad press.

Winarni, E., Ratnani, R. D., & Riwayati, I. (2013). Peng




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.13196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: