MODEL BISNIS AGROFARM CIANJUR (Studi Kasus Kelompok Tani Agro Segar Pada P4S Agrofarm Cianjur, Desa Ciherang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat)

Niken Hikmawati, Gema Wibawa Mukti

Abstract


Masyarakat Indonesia pada masa kini tidak menunjukkan minat yang besar terhadap sektor pertanian. Walaupun demikian, terdapat salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menempati urutan pertama dengan jumlah penduduk tertinggi bekerja pada sektor pertanian, yaitu Kabupaten Cianjur. Agrofarm Cianjur merupakan salah satu P4S (Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya) di Kabupaten Cianjur yang melakukan pelatihan dalam budidaya dan pemasaran usahatani komoditas hortikultura, serta di dalamnya terdapat kelompok tani dengan nama Agro Segar. Dengan terbentuknya Agrofarm Cianjur sebagai satu kesatuan dengan fokus dan fungsi yang berbeda, maka penting untuk melihat model bisnis dari Agrofarm Cianjur sehingga dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi pelaku pertanian pada umumnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus. Alat analisis yang digunakan adalah pemetaan jaringan nilai dengan analisis Holo Mapping dan Business Model Canvas yang digunakan untuk mendeskripsikan model bisnis yang diterapkan. Penggambaran model bisnis didapatkan melalui proses desain bisnis dengan teknik bercerita, berpikir visual, serta prototyping. Berdasarkan hasil penelitian, model bisnis Agrofarm Cianjur sudah cukup maju dan dapat dijadikan sebagai inspirasi bagi pelaku pertanian pada umumnya. Agrofarm Cianjur hanya perlu menambah mitra maupun sumber daya yang dimiliki, serta memperbaharui pembukuan administrasi yang masih manual, serta memperbaharui pembukuan administrasi yang masih manual.

References


Allee, Verna. (2000). Reconfiguring the Value Network. Journal of Business Strategy, Vol. 21 No. 4.

Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, 2007. Pedoman Penumbuhan dan Pengembangan P4S. Melalui (https://www.scribd.com/doc/56205695/Pedoman-Penumbuhan-Dan-Pengembangan-P4S. 6 September 2017).

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, 2017. Daftar P4S di Indonesia. Melalui (http://www.bbpp-lembang.info/index.php/database-kelembagaantani/p4s. 7 September 2017).

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, 2016.

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, Philp. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Vol. 12). Jakarta: Erlangga.

Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur. 2012. Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Rusidi. 2002. Sinopsis Usulan Penelitian. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Suryo Wiyono, 2015. Laporan Kajian Regenerasi Petani. Melalui (http://images.agriprofocus.nl/upload/2015_KRKP_Laporan_Kajian_Regenerasi_P etani1466659556.pdf. 27 September 2017).

Tim PPM Manajemen. 2012. Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Jakarta (ID): Penerbit PPM.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: