ANALISIS LUAS DAN STATUS PENGUASAAN LAHAN PETANI MANGGA DIKAITKAN DENGAN PERILAKU AGRIBISNISNYA DI KECAMATAN CIKEDUNG KABUPATEN INDRAMAYU

Ellisa Agri Elfadina, Elly Rasmikayati, Bobby Rachmat Saefudin

Abstract


Kecamatan Cikedung merupakan salah satu sentra produksi mangga di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Namun, produksi mangga tersebut berfluktuasi dan luas penguasaan lahan petani masih stagnan dan sempit. Selain itu, pendapatan petani dari usahatani mangga juga masih rendah sehingga petani belum dapat dikatakan sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku agribisnis petani mangga ditinjau dari penguasaan lahan di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Responden dalam penelitian ini yakni 130 orang petani mangga yang diambil secara acak. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas petani yang didominasi oleh petani berlahan sempit dengan status penguasaan lahan milik sudah menerapkan teknologi off season dengan hasil panen grade A/B mencapai 90%. Selain itu, petani berlahan sempit dan sedang di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu menjual hasil panen mangganya ke pedagang pengumpul/tengkulak/pengontrak sedangkan petani berlahan luas menjadikan pedagang besar/bandar sebagai pasar akhir untuk menjual hasil panen. Mayoritas petani responden tidak bergabung ke dalam suatu kelompok tani serta tidak pernah mengikuti kegiatan pelatihan/penyuluhan terkait usahatani mangga.

References


Ben-Chendo GN, et. al. 2014. Determinants of Land Holding Size among Rice Farmers in Sotheast Nigeria. Asian Review of Environmental and Earth Sciences : Asian Online Journal, 1(3) : 55 – 60.

Fibriz, Risska Russelyva. 2017. Perilaku Agribisnis Petani Mangga di Kecamtan Greged Kabupaten Cirebon. [Skripsi]. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran. Jatinangor.

Hadiana, Delis dan Adet Sumarna. 2013. Usahatani Mangga Gedong Gincu Berdasarkan Status Penguasaan Lahan. LPPM-Universitas Majalengka.

Kusumo, Rani Andriani Budi, dkk. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani Mangga dalam Menggunakan Teknologi Off-season di Kabupaten Cirebon. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 2018. 4(1) : 57 – 69.

Mukti, Gema Wibawa., dkk. 2017. Perilaku Kewirausahaan Petani Mangga dalam Sistem Agribisnis di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 4(1) : 40 – 56.

Nasution, S. 2007. Metode Research : Penelitian Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.

Maulidah, Silvana. 2012. Modul : Sistem Agribisnis. Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya. Malang

Pomp, M. 1995. Determinants of Smallholder Landownership : Evidence from South Sulawesi, Indonesia. The Journal of Development Studies, 31(6) : 845 – 867.

Purnama, Sarma dan Najib. 2014. Strategi Peningkatan Pemasaran Mangga di Pasar Internasional. Jurnal Hortikultura, 24(1) : 85 – 93.

Ramadhani, Widyarani dan Elly Rasmikayati. Pemilihan Pasar Petani Mangga serta Dinamika Agribisnisnya di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. 2017. 3(2) : 185 – 202.

Rasmikayati, Elly. 2015. Partisipasi Petani pada Pasar Lahan (Studi Kasus pada Petani Kentang Jawa Barat). Jurnal Agrisep, 16(1).

______. 2017. Dinamika Agribisnis Petani Mangga di Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: