STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM (Studi Kasus Pada Rumah Keripik Kentang Manohara Di Desa Sukatani, Kec. Cisurupan, Kabupaten Garut)

Hanif Rafly Juansah, Trisna Insan Noor

Abstract


Rumah Keripik Kentang Manohara merupakan suatu UMKM industri pengolahan yang berada di Kabupaten Garut dan dapat mempertahankan usahanya dari tahun 2004 hingga saat ini. Dibalik keberlangsungan usahanya, Rumah Keripik Kentang Manohara mengalami penjualan yang fluktuatif tiap tahunnya hingga pada tahun 2023 penjualannya mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir. Penyebab terjadinya penurunan disebabkan oleh pemasaran yang masih konvensional dengan mengandalkan pihak ketiga (agent) di zaman yang semakin modern, sehingga produk tidak dapat bersaing dengan pesaing industri pengolahan yang sama. Dengan demikian, pihak Rumah Keripik Kentang Manohara memerlukan formulasi strategi yang baik dan tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat memengaruhi peningkatan pemasaran Rumah Keripik Kentang Manohara, lalu dapat menentukan alternatif strategi pemasaran yang tepat, hingga mengkaji prioritas alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Rumah Keripik Kentang Manohara. Penelitian ini menggunakan desain pendekatan kualitatif dan studi kasus. Metode yang digunakan dalam mengolah data yaitu dengan analisis deskriptif dan tiga tahapan formulasi strategi. Alat analisis yang digunakan berupa matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah Keripik Kentang Manohara berada pada posisi V yaitu hold and maintain, yang berarti strategi yang dapat dilakukan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Rumah Keripik Kentang Manohara memilik perolehan skor TAS sebesar 6,253, yaitu memberikan penawaran yang kompetitif dengan para pesaing.

Keywords


Strategi Pemasaran, Keripik Kentang, UMKM, SWOT, QSPM

References


Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Laju Pertumbuhan PDB Seri 2010 (Persen). https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTA0IzI=/-seri-2010--laju-pertumbuhan-pdb-seri-2010--persen-.html

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Produksi Tanaman Sayuran, 2021-2022.https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjEjMg==/produksi-tanaman-sayuran.html

David, Fred R. (2012). Strategic Management: Manajemen strategi konsep. (Dono Sunardi, Trans). Jakarta : Salemba Empat

Gunarto, A. 2003. Prospek Agribisnis Kentang G–4 Sertifikat di Kabupaten Sukabumi, Pustaka IPTEK, Jurnal Sain dan Teknologi BPPTVII.1B.07. Eugenia Volume 18 No. 2 Agustus 2012.

Henny Mandei, Judith; dkk.2017. Pengaruh Perendaman dan Jenis Kentang Terhadap Mutu Keripik Kentang. Jurnal Penelitian Teknologi Industri. Vol. 9. No. 2 (123 – 136).

Pemasaran. Edisi. 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Prasetijo, R & Ihalauw, J. 2005.

Pracaya dan Kahono PC. 2016. Budidaya Kopi. Jakarta : PT Sunda Kelapa Pustaka

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT. PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi dan F.N. Surya. 2009. Kentang: Varietas dan Pembudidayaan. Penebar Swadaya, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.13881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: