Peran Petani Mangrove Sebagai Aktor Pemberdayaan Pendidikan Dalam Keberlanjutan Ekologi Ekowisata Mangrove

Putri Ramadaniar, Ana Kuswanti

Abstract


Komunikasi partisipatif dalam keberlanjutan ekowisata hutan mangrove tidak pernah terlepas dari peranan petani mangrove untuk melakukan pemberdayaan dalam pendidikan. Pekerjaan sebagai petani yang tergolong sebagai blue collar worker tidak menjadi batasan untuk dapat menjadi bagian sebagai agen eco-pedagogy yang bersifat pendidikan informal. Berdasarkan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif melalui kacamata Communication for Social Change Theory milik Sonia Figueroa dapat melihat bagaimana peranan petani mangrove dalam mengimplentasikan komunikasi partisipatif dimasyarakat melalui pemberdayaan Pendidikan ekologi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara kepada petani mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Penjaringan Jakarta Utara sebagai informan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya komunikasi partisipatif yang dilakukan petani mulai dari dialog, implementasi tindakan koletif hingga pengaruh dampak sosial yang dihasilkan sebagai bagian dari pemberdayaan

Keywords


Petani Mangrove, Komunikator, Pemberdayaan, Communication for Social Change Theory

References


Amalia, Z. (2023, July 12). Viral Sampah Menumpuk di Hutan Mangrove Muara Angke Jakut . Https://News.Detik.Com/Berita/d-6818634/Viral-Sampah-Menumpuk-Di-Hutan-Mangrove-Muara-Angke-Jakut.

Cuppen, E. (2012). Diversity and constructive conflict in stakeholder dialogue: Considerations for design and methods. Policy Sciences, 45(1), 23–46. https://doi.org/10.1007/s11077-011-9141-7

Dinilhuda, A., Akbar, A. A., & Jumiati, ). (2018). PERAN EKOSISTEM MANGROVE BAGI MITIGASI PEMANASAN GLOBAL.

Fadli, A., & Sazali, H. (2023). PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GREENPEACEID SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DALAM MENJAGA LINGKUNGAN. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 8(2), 209–222. https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.32

Farnsworth, S. K., Böse, K., Fajobi, O., Souza, P. P., Peniston, A., Davidson, L. L., Griffiths, M., & Hodgins, S. (2014). Community engagement to enhance child survival and early development in low-and middle-income countries: An evidence review. In Journal of Health Communication (Vol. 19, pp. 67–88). Bellwether Publishing, Ltd. https://doi.org/10.1080/10810730.2014.941519

Febriyanto, O. (2020). Geomedia Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk Sebagai Daya Tarik Di DKI Jakarta (Vol. 18, Issue 1). https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia/index

Figueroa, M. Elena., Rockefeller Foundation., & Johns Hopkins University. Center for Communication Programs. (2002). Communication for social change : an integrated model for measuring the process and its outcomes. The Rockefeller Foundation.

Handayani, S. K., & Hewindati, Y. T. (2019). PERAN HUTAN MANGROVE DALAM MITIGASI BENCANA DI WILAYAH PESISIR.

Husamah, H., & Hudha, A. M. (2018). EVALUASI IMPLEMENTASI PRINSIP EKOWISATA BERBASIS MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN CLUNGUP MANGROVE CONSERVATION SUMBERMANJING WETAN, MALANG. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(1), 86–95. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.1.86-95

Irawati, R., & Penulis, N. (2023). Altruisme dan Self Esteem Pengaruhnya Terhadap Motivasi Menjadi Relawan Melalui Locus of Control (Vol. 4, Issue 2).

Jayanegara, D. P., Farady Marta, R., & Isnaini, M. (2021). Hubungan Komunikasi Partisipatif dan Modal Sosial terhadap Keberlanjutan Ekologi Ekowisata Mangrove Desa Teluk Naga 1 Article Info. Jurnal Warta LPM, 24(3), 545–557. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Kariadi, D., Maryani, E., Sjamsuddin, H., Ruhimat, M., & Singkawang, S. (2019). PENGGUNAAN AWIK-AWIK SEBAGAI MODEL “ECOPEDAGOGY” DALAM PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 4, 37–46.

Mega, E., Anggraeni, N., & Subekti, D. S. (2022). Modal Sosial Komunitas Wilayah Pesisir Dalam Mengelola Mangrove di Kabupaten Jember Social Capital of the Community of the Coastal Region in Managing the Mangrove in Jember Regency. Journal of Extension and Development ISSN, 4(02), 69–83.

Msibi, F., & Penzhorn, C. (2010). Participatory communication for local government in South Africa: A study of the Kungwini Local Municipality. Information Development, 26(3), 225–236. https://doi.org/10.1177/0266666910376216

Ode, W., Nurhaliza, S., & Fauziah, N. (n.d.). Komunikasi Kelompok dalam Virtual Community. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10, 18–38. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2

Rasmikayati, E., Endah Djuwendah Fakultas Pertanian, dan, Padjadjaran, U., Raya Bandung-Sumedang Km, J., & korespondensi, P. (2015). DAMPAK PERUBAHAN IKLIM TERHADAP PERILAKU DAN PENDAPATAN PETANI (The Impact of Climate Change to Farmers’ Behavior and Revenue) (Vol. 22, Issue 3).

Setya Yasida, K. (2020). ECO-PEDAGOGY ECO-PEDAGOGI (Vol. 23, Issue 1).

Uin, A. R., & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).

Sofian, A. (2023, August 2). Melihat Lebih Dekat Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk. Https://Www.Liputan6.Com/Photo/Read/5360340/Melihat-Lebih-Dekat-Kawasan-Ekowisata-Mangrove-Pantai-Indah-Kapuk?Page=4.

Subekti, S. (2009). PEMANASAN GLOBAL DAN UPAYA PENGELOLAAN MANGROVE.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.14026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: