PENERAPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA KUBIS DI KALANGAN PETANI DESA GENTENG, KECAMATAN SUKASARI, KABUPATEN SUMEDANG, JAWA BARAT

Rezkhy Amalia Rachmadhani, Sri Fatima

Abstract


Teknologi budidaya kubis merupakan salah satu metode inovasi teknologi untuk meningkatkan produksi tanaman dengan mutu yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan tingkat adopsi petani terhadap penerapan teknologi budidaya kubis serta, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi petani terhadap penerapan teknologi budidaya kubis sesuai anjuran. Penelitian ini telah dilaksanakan di Kelompok Tani Tirta Mulya dan Kelompok Tani Jaya Makmur,  Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Data diperoleh dengan sampel (sensus) sebanyak 46 responden yang menjadi anggota di dua Kelompok Tani tersebut. Selanjutnya, data diolah secara deskriptif dan dianalisis menggunakan regresi logistik. Data hasil penelitian menunjukkan persepsi peran penyuluhan terhadap penerapan teknologi budidaya dengan kategori positif 63,04% dan kategori negatif 36,95%. Persepsi karakteristik inovasi terhadap penerapan teknologi budidaya dengan kategori positif 65,21% dan kategori negatif 34,78%. Adopsi petani untuk menerapkan teknologi budidaya kubis sesuai anjuran 73,91% dan tidak sesuai anjuran 26,08%. Berdasarkan analisis regresi logistik terdapat tiga variabel yang berpengaruh nyata terhadap penerapan teknologi budidaya kubis sesuai anjuran diantaranya usia responden, pengalaman usahatani responden, dan persepsi terhadap peran penyuluhan.

References


Aini, H.N, dkk. 2015. Analisis Pendapatan dan Risiko Usahatani Kubis Pada Lahan Kering dan Lahan Sawah Tadah Hujan di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 3(1),1-9.

Ating, S. dan Muhidin, Sambas Ali. 2006. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia

Blankoku, M. 2016. Budidaya Kubis Dengan Teknologi Organik

Edi, Syafri dan Bobihoe, Julistia. 2010. Budidaya Tanaman Sayuran. Jambi.

Harianto, A. 2014.Tingkat Persepsi dan Adopsi Petani Padi Terhadap Penerapan System of Rice Intensification (SRI) di Desa Simarasok, Sumatera Barat. Skripsi IPB: Fakultas Ekonomi dan Manajemen.

Hendayana, R. 2016. Teori dan Praktek Pengukuran Persepsi dan Adopsi Teknologi Inovasi.

Hernanto, F. 1993. Ilmu Usahatani. Jakarta: Swadaya

Khoirunnisa, A. dkk . 2013. Analisis Pendapatan dan Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Tanaman Sayuran Unggulan di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 1(2),98-104

Luthfianti, N.A. 2014. Evaluasi Peran Pendamping terhadap Keberhasilan Program Desa Mandiri Pangan di Kabupaten Bantul. Skripsi: Universitas Gadjah Mada.

Rogers, E.M. 1995. Diffusion of Innovation. Usa: The Free Press

Rogers, E.M. dan Shoemaker, F.F. 1971. Communication of Innovation: A Cross Cultural Approach. New York: The Free Press.

Setiana, L. 2005. Teknik Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soeharjo, A. dan Patong, D. 1999. Sendi-

Sendi Pokok Ilmu Usahatani.

Bogor: IPB




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: