PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI SUKHALOKA YANG DIMEDIASI OLEH SOCIAL BRAND ENGAGEMENT DI INSTAGRAM

Reza Sylan Supratman, Gema Wibawa Mukti, Iwan Setiawan, Agriani Hermita Sadeli

Abstract


Perkembangan teknologi yang masif, menuntut perubahan signifikan terutama dalam bidang bisnis, sehingga usaha startup berkembang di berbagai sektor. Perusahaan Rahsa Nusantara merupakan startup yang bergerak di sektor hilir pertanian. Rahsa Nusantara menerapkan strategi bauran promosi untuk Sukhaloka secara digital pada media sosial Instagram guna meningkatkan minat beli. Promosi yang dilakukan secara digital oleh brand melalui media sosial menghasilkan interaksi dengan target konsumen yang disebut engagement. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat beli dipengaruhi oleh bauran promosi, dengan social brand engagement sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel 100 pengikut dari akun Instagram @sukhaloka yang dipilih secara acak untuk mengisi kuesioner dalam bentuk google form. Metode analisis data yang digunakan ialah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli dipengaruhi secara langsung dan positif oleh bauran promosi. Selain itu, didapati pengaruh langsung yang positif dan signifikan dari bauran promosi atas social brand engagement. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang positif secara langsung antara social brand engagement terhadap minat beli. Hasil uji sobel mengindikasikan adanya pengaruh tidak langsung dari bauran promosi terhadap minat beli melalui mediasi social brand engagement.

Keywords


Bauran Promosi; Minat Beli; Brand Engagement

References


Amriel, E. Y., & Ariescy, R. R. (2021). Analisa Engagement Rate Di Instagram : Fenomena Like Dan Komentar. Media Manajemen Jasa, 9(2), 1-10.

Annur, C. M. (2024, 11 04). databoks. Retrieved from databoks.katadata.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/04/investasi-startup-ri-anjlok-87-pada-semester-i-2023-jatuh-terdalam-se-asean

Bakhar, M., Harto, B., Gugat, R. M., Hendrayani, E., Setiawan, Z., Surianto, D. F., . . . Tampubolon, L. P. (2023). Perkembangan Startup Di Indonesia. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Hasan, C. A., Sari, A., & Ambarwati, D. (2022). Pengaruh Promotion Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Lesehan D’bakule Di Pringsewu. E-journal Field of Economics Business and Entrepreneurship, 1(4), 345-352. doi:10.23960/efebe.v1i4.57

Hidayat, R., Safrizal, T., & Bulan, P. L. (2023). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Yang Di Mediasi Word Of Mouthpadamahasiswa Universitas Samudra. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra (JMAS), 302 -317.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Khan, A., Hussain, S., Abidi, S. A., & Kharal, M. I. (2018). Impact of Promotion Mix on Consumer Product Perception. Industrial Engineering Letters, 8(3), 89-99.

Kotler, P., Armstrong, G., Trifts, V., & Buchwitz, L. A. (2004). Marketing: An Introduction (Vol. 9). Toronto: Pearson.

Kozinets, R. V. (2014). Social Brand Engagement: A New Idea. Gfk

Marketing Intelligence Review, 6(2), 9-15.

Minh, S., Huong, G. N., & Nguyen Ha, G. (2022). The role of social brand engagement on brand equity and purchase intention for fashion brands.

Cogent Business & Management, 9(1), 1-21. doi:doi.org/10.1080/23311975.2022.2143308

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2015). Consumer behavior (11th ed.). Harlow: Pearson.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.14507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: