PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION

Mujaddid Faruk

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Green Product terhadap Green Purchase Intention. Studi pada Produk Sirup Markisa di Kabupaten Ciamis. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: Bagaimana pengaruh green product terhadap Green Purchase Intention pada produk Sirup Markisa di Kabupaten Ciamis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis; pengaruh green product terhadap Green Purchase Intention pada produk Sirup Markisa di Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk analisis data yang diperoleh digunakan analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, analisis uji signifikansi uji t.Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa Green Product dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Green Purchase Intention Intention pada Produk Sirup Markisa di Kabupaten Ciamis dengan besarnya pengaruh 37,5% dan sisanya 62,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Diharapkan perusahaan yang memproduksi Sirup Markisa lebih mengoptimalkan indikator green product yang masih rendah yaitu label produk agar memudahkan konsumen mengidentifikasi dan memilih produk. Selain itu Perusahaan harus meningkatkan pemahaman tentang pentingnya produk yang ramah bagi lingkungan dan baik untuk kesehatan.

References


Azad, P. K., & Laheri, V. K. (2014). Consumer Adoption of Green Products and Their Role in Resource Management. Indian Journal of Commerce & Management Studies, 5(3), 22–28.

Durif, F., Boivin, C., & Julien, C. (2010). In search of a green product definition. Innovative Marketing, 6(1), 25–33.

Jaiswal, Deepak & Kant, Rishi, 2018. "Green purchasing behaviour: A conceptual framework and empirical investigation of Indian consumers," Journal of Retailing and Consumer Services, 41(C), 60 - 69

Kong Wilson, Harun Amran, Sulong Rini Suryati, J. L. (2014). International Journal Of Asian Social Science The Influence Of Consumers ’ Perception Of Green Products Amran Harun Rini Suryati Sulong Jaratin Lily Contribution / Originality. Asian Social Science, 4(8), 924–939.

Octavianus A.H. Rogi, Rieneke L.E.Sela. 2015. Studi Identifikasi SistemPengelolaan Sampah Permukiman Di Wilayah Pesisir Kota Manado. Program studiPerencanaan Wilayah & Kota Universitas Sam Ratulangi Manado

Rath, Ramesh Chandra 2013. An impact of Green marketing on practices of supply chain management in Asia Emerging Economic opportunities and challenges International journal of supply chain management, Vol : No : 2 Maret 2013.

Pankaj, K.A. & Vishal, K.L. (2014). Consumer adoption of green products and theirrole in resource management.Indian Journal of Commerce & ManagementStudies. 5(3): 22-28.

Rahman, M. D. F. (2019). Analisis Eco-label terhadap Minat Beli Konsumen pada Minuman Kemasan. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 927–937.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i2.14654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: