USAHATANI TANAMAN TEH RAKYAT (Camellia Sinensis) (Studi Kasus pada Kelompok Tani Mulus Rahayu, di Desa Mekartani, Kecamatan Singajaya, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat)

Budi Ginanjar, Muhammad Arief Budiman, Lucyana Trimo

Abstract


Melemahnya kondisi agribisnis teh rakyat di Kabupaten Garut saat ini menyebabkan harga jual pucuk tanaman teh yang semakin murah dengan ditandai semakin menurunnya angka penerimaan usahatani dan  rendahnya pendapatan usahatani yang diterima oleh para petani teh rakyat di Kabupaten Garut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keragaan usahatani yang dilaksanakan oleh para petani teh rakyat yang tergabung ke dalam kelompok tani Mulus Rahayu yang berlokasi di Kabupaten Garut. Selain itu, tujuan utama penelitian ini yaitu untuk menganalisis nilai dari usahatani teh rakyat mulai dari nilai penerimaan usahatani, biaya usahatani, dan pendapatan usahatani. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa keragaan usahatani yang dilaksanakan oleh petani teh rakyat telah sesuai dengan SOP (Standard Operational Procedure) yang dianjurkan. Kegiatan usahatani teh rakyat telah memberikan pendapatan bagi petani di lokasi penelitian berkisar antara Rp 2.902.060 sampai dengan Rp 16.535.000 per tahun, dengan nilai r/c yaitu 2,72  sampai dengan 4,69 dan niilai b/c  1,72 sampai 3,69.

References


Ali Akbar Hutzi. 2007. Analisis Pendapatan Usahatani Dan Saluran Pemasaran Teh Perkebunan Rakyat (Studi Kasus Perkebunan Teh Rakyat, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat). Skripsi. Jurusan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Apollonaris Ratu Daton. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Jambu Mente (Kasus di Desa Ratulodong, Kecamatan Tanjung Bunga,Kabupaten Flores Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur). Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Ferry Herdiman. 2010. Analisis Pendapatan Usahatani Ubi Jalar Di Desa Gunung Malang Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Gilda Vanessa Tiku. 2008. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah Menurut Sistem Mina Padi Dan Sistem Non Mina Padi (Kasus Desa Tapos I dan DesaTapos II, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat). Skripsi. Program Studi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Ika Sartika Saragih. 2007. Analisis Pendapatan Usahatani dan Pemasaran Kopi Arabika dan Kopi Robusta (Studi Kasus di Desa Tambun Raya, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara). Program Ekstensi Manajemen Agribisnis. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Krisnamurthi. 2001. Agribisnis Pengembangan Sinar Tani. Bahan Kuliah. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Prastiwi. 1999. Analisis Produksi Teh dan Penentuan Saat Optimum Pemangkasan Tanaman Teh. Skripsi. Jurusan Ilrnu-llrnu Sosial Ekonorni Pertanian. Fakultas Pertanian. Bogor : lnstitut Pertanian Bogor.

Slamet Margono. 2000. Memantapkan Posisi dan Meningkatkan Peran Penyuluhan Pembangunan dalam Pembangunan. Dalam Proseding Seminar IPB Bogor : Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Menuju Terwujudnya Masyarakat Madani. Pustaka Wira Usaha Muda.

Soekartawi. 2002. Analisis Usaha Tani. UI-Press. Jakarta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&N. Alfabeta. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: