KOMPARASI KARAKTERISTIK KONSUMEN YANG BERBELANJA MINYAK GORENG DI PASAR TRADISIONAL DAN PASAR MODERN DI KECAMATAN CIHIDEUNG KOTA TASIKMALAYA

Silvany Afriliani Haryana Suparman, Dini Rochdiani, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia sehingga pasokan minyak goreng harus terus tersedia dengan kualitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan komparasi karakteristik konsumen yang berbelanja minyak goreng di pasar tradisional (Pasar Rel Tasikmalaya) dan pasar modern (Asia Toserba Tasikmalaya). Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang saat itu secara kebetulan ditemui di lokasi penelitian yaitu sebanyak 30 responden di Pasar tradisionaldan 30 responden di Asia Toserba Tasikmalaya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen di pasar tradisional rata-rata berusia 50 tahun, didominasi oleh konsumen jenis kelamin perempuan dengan jarak tempuh < 5 km, tingkat pendidikan SD, pekerjaan mayoritas ibu rumah tangga dengan pendapatan < Rp1.000.000, maka konsumen minyak goreng di pasar tradisional dari kalangan menengah ke bawah. Sedangkan untuk konsumen minyak goreng di pasar modern rata-rata berusia 40 tahun, didominasi oleh konsumen jenis kelamin perempuan dengan jarak tempuh < 5 km, tingkat pendidikan SLTA, pekerjaan mayoritas wiraswasta/wirausaha dengan pendapatan  Rp3.000.000-Rp4.999.999, maka konsumen minyak goreng di pasar modern dari kalangan menengah ke atas.

Keywords


Komparasi, Karakteristik Konsumen, Minyak Goreng, Pasar Tradisional, Pasar Modern

References


Adlini, Miza Nina.2022. Metode Penelitian Kualitatif.Jurnal Pendidikan.Vol.6.No.1.Halaman 974-980.

Badan Pusat Statistik (BPS) diakses darihttps://databoks.katadata.co.id pada tanggal 25 Desember 2023 pukul 12.47 WIB.

Fatra, Miftahul.Analisis Preferensi Konsumen Berbelanja di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Makassar. Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar.Skripsi.2018.

Puspitasari, Fatimah.2022. Analisis Pengaruh Minyak Goreng Subsidi di Ritel Modern bagi Pedagang Pasar Tradisional Bandarjo Ungaran.Jurnal Implementasi. Vol.2.No.2.Halaman 137-142.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,CV.https://massugiyantojambi.wordpress.com/2011/04/15/teori-motivasi/

Tatipikalawan, J. M. 2012. Analisis produktivitas tenaga kerja keluarga pada usaha peternakan kerbau di Pulau Moa Kabupaten Maluku Baratdaya. J. Agroforestri. 7 (1) : 8–14

Toruan, Roma Uli Esteria Lumban. Komparasi Karakteristik Konsumen Yang Berbelanja Di Pasar Tradisional Dan Di Pasar Modern Di Kota Medan (Studi Kasus: Pasar Tradisional Sei Sikambing Dan Pasar Modern Hypermart Sun Plaza Medan). Departemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara Medan. Skripsi.2020.

Syafnidawaty.2020. Metodologi Penelitian. Diambil kembali dariraharja.ac.id:https://raharja.ac.id/2020/10/25/metodologi-penelitian/.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i1.15331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: