ANALISIS SALURAN PEMASARAN LIDI KELAPA (Suatu Kasus di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran)

Surnaesih Surnaesih, Agus Yuniawan Isyanto, Benidzar M Andrie

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Saluran pemasaran lidi kelapa di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. 2) Mengetahui Besarnya margin, biaya dan keuntungan  pemasaran lidi kelapa di Desa Kersaratu Kecamatan  Sidamulih Kabupaten Pangandaran. 3) Mengetahui Persentase yang diterima oleh pengrajin lidi kelapa (Farmer’s Share) di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran. Pengambilan sampel responden dilakukan secara simple random sampling (sampel acak sederhana) terhadap 32 orang pengrajin atau 15 persen dari total anggota populasi 214 orang. Hasil penelitian menunjukkan Saluran pemasaran lidi kelapa yaitu pengrajin lidi – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen dan pengrajin lidi – pedagang pengumpul – pedagang besar – pengecer - konsumen. Besarnya marjin yang didapat oleh pedagang pengumpul pada saluran pemasaran dua tingkat dan saluran pemasaran tiga tingkat sama yaitu Rp.300 sedangkan marjin pada pedagang besar saluran dua tingkat Rp.400 serta Rp.4.900 untuk saluran pemasaran tiga tingkat. Total biaya yang dikeluarkan pedagang pengumpul pada saluran pemasaran dua tingkat Rp.45,21 dan Rp.66,41 pada saluran pemasaran tiga tingkat. Kemudian total biaya pedagang besar pada saluran pemasaran dua tingkat Rp.53,02 dan Rp.4.459,99 untuk saluran pemasaran tiga tingkat. Keuntungan yang didapat oleh pedagang pengumpul saluran pemasaran dua tingkat Rp.254,79 dan untuk saluran pemasaran tiga tingkat Rp.233,59. Keuntungan bagi pedagang besar pada saluran pemasaran dua tingkat Rp.346,98, untuk pedagang besar pada saluran pemasaran tiga tingkat Rp.440,01. Farmer’s Share atau persentase bagian yang diterima oleh produsen adalah 53,33% untuk saluran pemasaran dua tingkat serta 11,42% untuk saluran pemasaran tiga tingkat.

Keywords


Saluran Pemasaran, marjin, biaya, farmer’s share

References


Angipora, M. 2002. Dasar-dasar pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Dirjen Perkebunan. 2021.Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2020-2022,Jakarta:Sekretariat Direktorat Jendral Perkebunan

Maridiatmoko dan Aryanti 2018., Produksi Tanaman Kelapa (Cocos nucifera L.) Ambon: Badan Penerbit Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (BPFP UNPATTI).

Sugiyono, 2013. Metode penelitian kuntitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Tomek, W. G., dan K. L. Robinson, 1972, Agricultural Product Prices Cornell University Press, Ithaca dan London




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.15512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: