ANALISIS SALURAN PEMASARAN KELAPA (Suatu Kasus di Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis)

Aji Ruzhan Bachtiar, Dini Rochdiani, Sudradjat Sudradjat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) saluran pemasaran kelapa mulai dari produsen sampai ke konsumen, (2) besarnya marjin, biaya dan keuntungan lembaga pemasaran kelapa dari produsen ke konsumen, dan (3) persentase harga yang diterima petani (Farmer’s Share) dalam proses pendistribusian kelapa di Desa Cimaragas Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk mengadakan pemeriksaan dan pengukuran-pengukuran terhadap gejala empiris yang berlangsung di lapangan atau lokasi penelitian, umumnya dilakukan terhadap unit sampel yang dihadapi sebagai responden sebanyak 30 orang petani, sedangkan jumlah pedagangpengumpul 3 orang, pedagang besar 2 orang dan pedagang pengecer 2 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif sedangkan untuk mengetahui marjin, biaya, keuntungan pemasaran yang diperoleh setiap lembaga pemasaran dan peresentase harga yang diterima petani (Farmer’s Share) menggunakan rumus Sudiyono (2004).Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1. Terdapat dua saluran pemasaran kelapa dari Desa Cimaragas ke Pasar Solo yaitu : Saluran I : Petani – Pedagang Pengumpul Cimaragas – Pedagang Besar Pasar Solo – Pedagang Pengecer Pasar Solo – Konsumen Saluran II : Petani – Pedagang Pengumpul Cimaragas – Pedagang Pengecer Pasar Solo – Konsumen2. Marjin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran pada saluran I di pedagang pengumpul Rp. 1.000,- per butir, di pedagang besar Rp. 500,- per butir dan di pedagang pengecer Rp. 500,- per butir. Sedangkan pada saluran II besarnya marjin pemasaran di pedagang pengumpul Rp. 1.000,- per butir dan pedagang pengecer Rp. 1.000,- per butir.3. Bagian harga yang diterima petani atau Farmer’s Share pada saluran I dan saluran II adalah sama sebesar 63,63 % karena harga ditingkat petani pada saluran I dan II serta harga yang diterima pedagang pengecer pada saluran I dan saluran II adalah sama yaitu masing-masing sebesar Rp.3.500 per butir dan Rp. 5.500,- per butir. Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Kelapa.Kata Kunci : Saluran, Pemasaran, Kelapa.

Full Text:

PDF

References


Anjani dan Hartono, 2009. Geografi SMA XI. Penerbit Cempaka Putih. Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Atmaja, U. Dan Hartoyo, T, 2005. Optimalisasi Alokasi Lahan pada Sistem

Penelolaan Usaha Wanatani (Kasus laboratorium Lapangan Wanatani

Universitas Siliwangi). Kerjasama Universitas Siliwangi Tasikmalaya

dan Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah Cimanuk-Citanduy Ditjen RLPS Departemen kehutanan RI. Tasikmalaya. Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Cimaragas, 2015. Laporan Tahunan. Ciamis.

Bappeda Kabupaten Ciamis 2013, Data laporan Pendapatan Daerah. Kabupaten Ciamis.

Bisuk, P. 2009. Analisis Tataniaga Dan Elastisitas Transmisi Harga CPO

Internasional Terhadap Harga TBS (Tandan Buah Segar) Kelapa Sawit

(Studi Kasus : Desa Mananti Kecamatan Sosa Kabupaten Padang

Lawas). Skripsi USU. Medan. P. 76. Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis, 2013. Laporan Tahunan. Kabupaten Ciamis.

Elly Jumiati Dwidjono Hadi Darwanto, Slamet Hartono dan Masyuri. Jurnal

AGRIFOR Volume XII Nomor I. Ananlisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Kalimantan Timur Maret, 2013.

Elly Jumiati Dwidjono Hadi Darwanto, Slamet Hartono dan Masyuri. Jurnal

AGRIFOR Volume XII Nomor I. Analisis Saluran Pemasaran Dan Marjin Pemasaran Kelapa di daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Kalimantan Timur Maret, 2013.

Husinyah, 2005. Sistem Tataniaga Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Tani. Swadaya. Jakarta .

Kartasapoetra, A.G 2008. Klimatologi: Pengaruh Iklim terhadap Tanah dan Tanaman (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. PT Indeks Kelompok Gramedia.

Jakarta.

. dan Amstrong. 2005. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Edisi Kedelapan.

Penerbit Erlangga.

. dan Keller, K. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta. Erlangga.

. dan Kevin, L. K. 2008. Manajemen Pemasaran. jilid 2 Edisi 12. PT.

Indeks.

Mantra, I. 2004. Pengantar Studi Demografi. Nur Cahaya. Jakarta.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup Edisi Kedua. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Schmidthb dan Fergusen dalam Tjasyono. 2004. Klimatologi. ITB. Bandung.

Soekartawi, 2002. Prinsip dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Soetriono, Suwandari dan Rijanto. 2006. Pengantarlmu Pertanian.

Bayumedia. Malang.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Sukamto. 2008. Upaya meningkatkan Produksi Kelapa. Penerbit PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumardi, Susilawati dan Sunarhadi, 2007. Geografi 2. Penerbit Pusat

Perbukuan Depatemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Swastha, B. DH. 2005. Asas-Asas Marketing , Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Wirosuharjo. 2004. Dasar-dasar demografi. Fakultas Ekonomi Universitas

Indonesia. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: