STRATEGI PEMASARAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus) DI KOTA TASIKMALAYA (Studi Kasus pada Pembudidaya Pembesaran Ikan Lele Dumbo di Kelurahan Parakannyasag Kecamatan Indihiang Kota Tasikmalaya)

Rifda Rihadatul Aisy, Trisna Insan Noor, Saepul - Aziz

Abstract


Beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Barat memiliki potensi perikanan, salah satunya yaitu Kota Tasikmalaya dengan total produksi 10.003,31 ton. Banyak jenis usaha budidaya ikan lele yang telah berkembang, salah satunya adalah usaha pembesaran. Kegiatan pemasaran menjadi yang terpenting dalam keberhasilan suatu kegiatan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dari pemasaran ikan lele dumbo dan mengetahui strategi pemasaran ikan lele dumbo dengan alat analisis yaitu Analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualititatif yang merupakan pendekatan penelitian yang mendalam terhadap suatu objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan pengambilan data langsung dari responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah strategi dengan pendekatan marketing mix yaitu harga, produk, tempat, dan promosi. Dari hasil penelitian melalui perhitungan analisis SWOT menggunakan matriks IFAS dan EFAS skor yang diperoleh untuk factor internal adalah 3,54 dan factor eksternal adalah 3,35 dan diagram SWOT menunjukkan bahwa titik koordinat berada pada posisi kuadran I dengan rekomendasi strategi yyang dapat diterapkan adalah strategi yang agresif yaitu mempertahankan kualitas serta harga yang terjangkau, meningkatkan kualitas dan volume produksi serta memperluas jaringan pemasaran melalui media promosi dengan pemanfaatan teknologi informasi.

Keywords


Budidaya ikan lele, Faktor Eksternal, Faktor Internal, Strategi

References


Andrianti, D. N., Rahmawati, A., Satria, I. N. B., & Tarmizi, A. (2023). Analisis Ketahanan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepenus) yang Diinfeksi Bakteri Aeromonas Hydrophilla Dengan KoNSENTRASI Berbeda: Analysis of The Resilience of Dumbo Catfish (Clarias Gariepenus) Infected With Aeromonas Hydrophila Bacteria With Different Concentrations. Al-Aqlu: Jurnal Matematika, Teknik dan Sains, 1(2), 72-76.

Badan Pusat Statistik (BPS). Produksi Perikanan Budidaya di Kota Tasikmalaya (Ton). 2021.

David, D. (2015, October). Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ikan Lele Dumbo. In Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2015. STMIK STIKOM Bali.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya. Jumlah Areal Menurut Cabang Usaha dan Kecamatan di Kota Tasikmalaya. 2023.

Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya. Produksi Budidaya Ikan di Kota Tasikmalaya. 2023

Faradilla, M., & Hutasuhut, J. (2022). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Budidaya Ikan Lele di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 85-97.

Fatimah, E. N., & Sari, M. (2015). Kiat sukses budidaya ikan lele. Bibit Publisher.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Produksi Perikanan Lele. 2021

Kurniawati, E., Isfaeni, H., & Komala, R. (2015). The Relationship between Fishermen Educational Level and Fishermen Knowledge Of Environmentally Friendly Fishing Gear In Cilincing Village, North Jakarta. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 35-38.

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor.

Ningsih, D. D. S., & Maika, M. R. (2020). Strategi Bauran Pemasaran 4P Dalam Menentukan Sumber Modal Usaha Syariah Pedagang Pasar di Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 693-702.

Open Data Jawa Barat. Produksi Perikanan Budidaya Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. 2023.

Rangkuti. F. (2005). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Reorientasi, Konsep, Perencanaan Strategis untuk Menghadapi Abad 21 Cetakan 12. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rofiqi, A., Ali, M., Lastianti, S. D., & Pratiwi, Y. I. (2018). Peran Bisnis Pertanian Dalam Perekonomian Indonesia.

Sudaryati, D., Heriningsih, S., & Rusherlistyani, R. (2017). Peningkatan produktivitas kelompok tani ikan lele dengan teknik bioflok. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 1(2), 109-115.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. CV.Alfabeta

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

Syarafina, L. (2019). Strategi pemasaran usaha ikan lele di desa Alur Cucur kecamatan Rantau kabupaten Aceh Tamiang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v11i3.16119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: