ANALISIS MARJIN PEMASARAN UBI KAYU (Manihot Utilissima) (Suatau Kasus di Desa Margajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Neni Nirwana, Dini Rochdiani, Sudradjat Sudradjat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran ubi kayu mulai dari produsen sampai ke konsumen, besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran ubi kayu antar lembaga perantara dan persentase harga yang diterima petani (farmer’s share) dalam pendistribusian ubi kayu di DesaMargajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Sampel petani diambil dengan menggunakan metode acak sederhana. Dari anggota populasi petaniubi kayu sebanyak 274 yang diambil 15 persen yaitu 41 orang responden. Sedangkan sampel lembaga pemasaran menggunakan snowballs sampling method.Hasil penelitian menunjukkan:1. Terdapat satu saluran pemasaran ubi kayu dari petani produsen yang ada di Desa Margajaya sampai ke konsumen yaitu: Petani - Pedagang Pengumpul - Konsumen Industri.2. Besarnya marjin pemasaran pada pedagang pengumpul adalah sebesar Rp. 300,- per kilogram. Biaya pemasaran pada pedagang pengumpul sebesar Rp. 174,99 per kilogram. Keuntungan yang diperoleh pedagang pengumpul sebesar Rp. 125,01 per kilogram.3. Bagian harga yang diterima petani atau farmer’s share adalah sebesar 75 persen dari harga jual ubi kayu yang dijual petani sebesar Rp. 900,- per kilogram dan harga jual pedagang Pengumpul Rp. 1.200,- per kilogram.Kata Kunci : Marjin Pemasaran, Ubi Kayu

Full Text:

PDF

References


Angipora, M. 2002. Dasar-dasar Pemasaran Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

BP3K Kecamatan Pamarican. 2015. Programa Penyuluhan Pertanian Desa

Margajaya. BP3K Kecamatan Pamarican. Ciamis.

Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis. 2015. Laporan

Tahunan. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis

Ciamis.

Faliha L, M. Ginting, R. Negara, L, S. 2013. Analisis Produksi dan Pemasaran Ubi Kayu. Journal on Social Ekonomi Of Africulture and

Agribusines. Vol 2, No 8. 2013:1- 10. Medan.

Handayani, S.M dan I. Nurlaila. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar

di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan Vol. 9 (1). Medan.

Kotler, P. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT.Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1. Indeks, Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, 2011. Manajemen Pemasaran Jillid 1. Edisi Ketiga

Belas. Jakarta.

Kotler, P. dan Kevin , L, K. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Penerbit

Erlangga. Jakarta.

Limbong dan Sitorus. 2002. Pengantar Tataniaga Pertanian. Diktat.Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. FakultasPertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Nurdin, H. 2000. Struktur dan Persebaran Penduduk. Dasar-dasar demografi. Lembaga Demografi Indonesia Bekerjasama Dengan Lembaga

Penerbit FE-UI. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v4i1.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: