ANALISIS SALURAN PEMASARAN AGROINDUSTRI COMRING (Studi Kasus pada Dzallfa Jaya Snack di Desa Selacai Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis)

Maman Nurjaman, Ivan Sayid Nurahman, Anisa Puspitasari

Abstract


Perkembangan agroindustri yang sangat cepat saat ini harus didukung dengan pasar yang efektif, namun kenyataannya banyak pelaku agroindustri yang masih menghadapi kesulitan dalam pemasaran produk. Tujuannya untuk menganalisis saluran pemasaran comring. Metode yang digunakan data primer dan sekunder. Terdapat 13 responden, terdiri dari produsen, dua pengepul, lembaga pemasaran yang terlibat ada dua saluran pemasaran diantaranya saluran pertama produsen, pengepul, perantara, konsumen. Sedangkan saluran kedua produsen, perantara, dan konsumen. Untuk  saluran pemasaran I, margin berjumlah  Rp 10.000,00 biaya Rp 2.803 dan keuntungan berjumlah Rp 7.197 per kilogram. Saluran pemasaran II, margin berjumlah Rp 13.000,00 biaya berjumlah Rp 2.000 dan keuntungan berjumlah Rp 11.000 per kilogram. Bagian harga yang di terima produsen saluran I berjumlah Rp 68,75 persen, sementara pada Saluran II berjumlah Rp 62,85 persen. Untuk efisiensi pemasaran, pada saluran I mencatatkan nilai sebesar 1,62 persen, sedangkan pada saluran II berjumlah Rp 0,57 persen. 

References


Akbar, R. F., Firmansyah, H., & Husaini, M. (2019). Analisis Usahatani Ubi Kayu Di Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar. Frontier Agribisnis, 3(4), 108–114.

Nuraeni, Y. (2019). Perluasan Kesempatan Kerja dengan Pengembangan Agroindustri di Daerah Kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 8(2), 107-116.

Fitriadi, D., Rochdiani, D., & Yusuf, M. N. (2018). Analisis Saluran Pemasaran Comring (Suatu Kasus pada Perusahaan Dua Putri HR di Desa Linggapura Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 4(2), 693-697.

Soekartiwi. (2016). Ilmu Usahatani, Universitas Indonesia (UI Prees) Jakarta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Zulganef. (2018). Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen PT. Zefika Aditama Bandung.

Angipora. (2002). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi Ke dua, Raja grafindo Persada Jakarta.

Rosmawati, H. 2011. Analisis Efesiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Organ Komering Ulu. Jurnal Agromobis. Vol 3(5).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i1.16810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: