STRATEGI PEMASARAN BAWANG MERAH (Studi Kasus di Desa Cikidang Kecamatan Bantarujeg Kabupaten Majalengka)

Ardi Amardian, Sudrajat -, Jeti Rachmawati

Abstract


Bawang merah adalah salah satu komoditas hortikultura yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan sering digunakan sebagai bahan dasar dalam masakan oleh Masyarakat. Pemasaran sangat penting dalam sistem agribisnis karena mengkoordinasikan aliran produk dari produsen ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor eksternal internal yang mempengaruhi pemasaran bawang merah dan merumuskan strategi alternatifnya. Penelitian dilaksanakan di Desa Cikidang, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka, menggunakan metode kualitatif dengan 15 responden yang dipilih melalui metode sensus (sampling total). Analisis data dilakukan menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), dan SWOT. Faktor Internal yang mempengaruhi pemasaran bawang merah di Desa Cikidang mencakup kelemahan seperti modal terbatas, SDM kurang kompeten, promosi minim, dan pendidikan rendah, serta kekuatan seperti petani berpengalaman, bawang berkualitas, akses transportasi baik, dan diversifikasi produk. Faktor Eksternal meliputi peluang dari permintaan pasar tinggi dan pelanggan tetap, serta ancaman dari harga bawang yang tidak stabil akibat persaingan tinggi. Alternatif strategi pemasaran usahatani bawang merah di Desa Cikidang menggunakan analisis Strength-Opportunity (S-O) untuk memanfaatkan kekuatan internal dan peluang eksternal. Dengan tingginya permintaan pasar, strategi ini fokus pada menjaga kualitas produksi guna membangun loyalitas konsumen. Petani juga dapat menanam varietas bawang yang sesuai tren permintaan, meningkatkan produksi, dan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga produk bawang merah dapat bersaing optimal di pasaran.

Keywords


Analisis SWOT, Bawang Merah, Strategi Pemasaran

References


B. S., Maswadi, M., & Kurniati, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen Terhadap Bawang Jawa Di Pontianak. Hibrida: Jurnal Pertanian, Peternakan, Perikanan, 1(1), 1-10.

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–

https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2. 17315

Kurli, A., Haris, R. A., Syafriyani, I., Sari, R. P., Putri, P. V., Riady, R., & Wiraraja,

Merah Menurut Kecamatan Di Kabupaten Majalengka (Kwintal), 2020-2021. https://majalengkakab.bps.go.id/id/st atistics-table/2/MjA0IzI=/produksi- tanaman-bawang-merah-menurut- kecamatan-di-kabupaten- majalengka.html

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: CV Alfabeta.

Turukay, M., & Parera, W. B. (2023).

ANALISIS PEMASARAN BAWANG

MERAH ( Allium ascalonicum L .) DI DUSUN TAENO NEGERI RUMAH. 262–275.

U. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Kelompok Tani Rubaru dalam Meningkatkan Penjualan Bawang Merah sebagai Komoditi Unggulan Kabupaten Sumenep. 7, 28–44.

Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E.

(2013). Strategic management and business policy: Globalization, innovation, and sustainability. pearson.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.17695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: