FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN BELIMBING MADU

Muhammad Tuhfah Rafli, Iwan Setiawan, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


ABSTRAK  Perkembangan komoditas hortikultura terutama buah semakin diminati oleh para konsumen mengingat manfaatnya bagi kesehatan. Namun kualitas dan kuantitasnya masih belum mampu menandingi buah impor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen Belimbing Madu di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen belimbing madu di Desa Waringinsari Kecamatan Langensari Kota Banjar secara berkelanjutan atau continue yaitu sebanyak 30 orang konsumen. Dalam penelitian ini, digunakan beberapa analisis, yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, analisis koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t, uji F, serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, harga, kualitas produk, dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Belimbing Madu di Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar. Selain itu, secara simultan, harga, kualitas produk, dan promosi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen Belimbing Madu di lokasi yang sama.

Keywords


Agribisnis

References


DAFTAR PUSTAKA

Hanafie, Rita. 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. CV Andi Offset.

Hasyim A. I. 2012. Tata Niaga Pertanian. Buku Ajar Fakultas Pertanian Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Kadarsan. 2015. Analisis Usahatani. Jakarta : UI Press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Nazir.Mohammad.2011. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Rukmana, Rahmat. 2006. Belimbing Manis, Budidya, Pengendalian Mutu, Dan. Pasca Panen. Semarang : Aneka Ilmu.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

_______. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta: Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.17845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: