Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Sayuran Hidroponik (suatu kasus di Hiroponik Ijo Aja Desa Pagersari Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya)

Muhamad Nurul Ihsan, Iwan Setiawan, Ivan Sayid Nurahman

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permintaan terhadap sayuran hidroponik cukup besar namun belum dapat dimanfaatkan karena belum memiliki strategi pemasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui  pengaruh pendapatan terhadap permintaan sayuran hidroponik Ijo Aja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan survey. Pemilik dan konsumen hidroponik Ijo Aja merupakan responden penelitian. Analisis data dilakukan melalui teknik analisis koefisien korelasi sederhana, Koefiesien Korelasi Berganda, Koefisien Determinasi, Uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Promosi berdampak positif dan signifikan sebesar 36,83% terhadap permintaan konsumen, sedangkan faktor lain yang tidak diteliti sebesar 63,17%. Jadi, promosi meningkatkan permintaan konsumen untuk sayuran hidroponik Ijo Aja. 2) Faktor lain yang tidak diteliti, harga, berdampak positif sebesar 42,79% terhadap permintaan konsumen.   Oleh karena itu, harga berdampak positif pada permintaan konsumen untuk sayuran hidroponik Ijo Aja. 3) Faktor lain yang tidak diteliti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Permintaan Konsumen (Y) sebesar 54,30%. Oleh karena itu, tingkat pendidikan berdampak positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen (Y) untuk sayuran hidroponik Ijo Aja. 4) Faktor lain yang tidak diteliti, tingkat pendapatan, berdampak positif dan signifikan sebesar 60% terhadap permintaan konsumen.  Oleh karena itu, tingkat pendapatan berdampak positif dan signifikan terhadap permintaan pelanggan. 5) Harga, pendidikan, pendapatan, dan promosi secara bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan konsumen sebesar 75,70 persen.Faktor lain yang tidak diteliti adalah 24,30 persen. Oleh karena itu, promosi, biaya, pendidikan, dan pendapatan berdampak positif dan signifikan pada permintaan pelanggan untuk sayuran hidroponik ijo aja. Kata Kunci :    Faktor-Faktor yang mempengaruhi permintaan, sayuran hidroponik.

Keywords


pertanian,agroinfp



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.17974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: