ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN DAN NILAI TAMBAH JAGUNG DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT, LAMPUNG

Andre Agasi, Erlina Rufaidah, Zainal Abidin

Abstract


Studi ini bertujuan guna menganalisis nilai tambah jagung dan efektivitas pemasaran di Kabupaten Tulang Bawang Barat.  Pendekatan survei digunakan untuk melakukan penelitian ini.  Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung.  Kabupaten Tulang Bawang Barat yaitu daerah penghasil jagung, sehingga hal ini menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi penelitian.  Analisis tujuan pertama menggunakan analisis struktur, perilaku dan kinerja (SCP).  Hasil rasio konsentrasi (CR4) lembaga pemasaran jagung sebesar 88% atau lebih dari 80% dapat diartikan sebagai struktur pasar bertipe oligopsoni.  Hambatan masuk dan keluar pasar yang diperoleh sebesar 12,3%, artinya hambatan masuk pasar dikatakan tinggi.  Perilaku pasar dalam pemasaran jagung merupakan jenis pasar oligopsoni.  Terdapat 3 saluran pemasaran dengan margin pemasaran I sebesar Rp. 787 atau 18,9% dan nilai RPM 1,6%, margin pemasaran II sebesar Rp. 1.709 atau 33,7% dan nilai RPM 10,0%, margin pemasaran III sebesar Rp. 4.717 atau 48,7% dan nilai RPM sebesar 30,4%.  Analisis tujuan kedua diperoleh nilai efisiensi pemasaran I sebesar 8,4%, II sebesar 6,9% dan III sebesar 1,5%.  Ini membuktikan jika saluran pemasaran III lebih efektif.   Berdasarkan penelitian ketiga, peningkatan nilai margin sebesar Rp 4.740 dengan rasio 47,85%.

Keywords


Jagung, Efisiensi Pemasaran, Nilai Tambah

References


Ashari, U., & Syamsir, S. (2021). Analisis Efisiensi Pemasaran Jagung di Provinsi Gorontalo. Jurnal Agribisnis Indonesia, 9(1), 55–66. https://doi.org/10.29244/jai.2021.9.1.55-66

Baridwan, Z. (1997). Analisis Nilai Tambah Informasi Laporan Arus Kas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 12(2), 15. https://journal.ugm.ac.id/jieb/article/view/39995

Belangkaehe, R., Engka, D., & Mandeij, D. (2014). Anaisis struktur pasar, perilaku dan kinerja industri perbankan Indonesia ( studi pada bank yang terdaftar di BEI periode 2008-2012 ). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 14(3), 43–55.

Butarbutar, Y. (2019). Analisis Struktur, Perilaku dan Kinerja Pemasaran Kentang (Solanum tuberosum L.). Skripsi, Universitas Medan Area. Medan.

Firmansyah, F., Hoesni, F., Pahantus, M., & H, A. (2021). Analisis Structure-Conduct-Performance Pasar Ternak Sapi Dan Kerbau untuk Meningkatkan Efisiensi Pemasaran. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 492. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.404

Fitriani, N. (2018). Analisis Nilai Tambah Pada Proses Pengolahan Kopi Bubuk di Perusahaan Daerah Perkebunan Kahyangan Jember. Repository.Unej.Ac.Id. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90178

Jayadi, F., & Latief, R. (2023). Application of value chain analysis to corn ( Zea mays) commodities in Indonesia: Integrative review. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1230(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/1230/1/012003

Puspitasari, A., Priyadi, R., & Sufyadi, D. (2020). Struktur, Perilaku Dan Kinerja Pemasaran Cabai Rawit Merah Di Kecamatan Cigalontang. Agibussines System Scientific Journal , 1(1), 43–55.

Setya, R. T., Kuswardani, R. A., & Pane, E. (2019). Analisis Usahatani Jagung (Zea Mays L.) dan Efisiensi Pemasaran di Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat. AGRISAINS: Jurnal Ilmiah Magister Agribisnis, 1(2), 152–161. https://doi.org/10.31289/agrisains.v1i2.245

Sudana, I. W. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Teri Segar Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 637–658.

Susanti, E., & Gultom, N. F. (2023). Analysis Of Marketing Efficiency Of Sweet Corn (Zea Mays L.) In Kayuagung District, Ogan Komering Ilir Regency. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 993–1003. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Wahab, A., Dahlan, & Salman. (2019). Analisis Pemasaran Jagung Pulut ( Waxy Corn ) Di Desa Pakatto Kecamatan Bontomarannu. Jurnal Agrisistem, 9(1), 67–76.

Wowiling, C. C., Pangemanan, L. R. J., & Dumais, J. N. K. (2019). Analisis Pemasaran Jagung Di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Agri-Sosioekonomi, 14(3), 305. https://doi.org/10.35791/agrsosek.14.3.2018.22326




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.18337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: