Minat Beli Konsumen Terhadap Donat di Toko Yuna Bakery Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

Elisa Happy Cahyani, Ernah Ernah, Pandi Pardian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi memengaruhi keinginan konsumen untuk membeli donat dari Yuna Bakery. Kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi termasuk di antara variabel-variabel yang disertakan dalam penelitian ini karena dapat memengaruhi minat konsumen untuk melakukan pembelian. Analisis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif adalah metodologi penelitian yang digunakan. Sebanyak 96 responden dipilih untuk sampel penelitian menggunakan metode pengambilan sampel acak dan non-probabilitas. Responden Yuna Bakery diberikan kuesioner, yang menghasilkan data primer. Analisis deskriptif, skala Likert, tabulasi silang, chi square, dan uji kualitas data termasuk di antara metode analisis yang digunakan untuk menjamin validitas dan realibilitas alat penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat konsumen Yuna Bakery untuk membeli donat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas produk, harga, lokasi, dan promosi. Hasil ini memberikan informasi kepada Yuna Bakery tentang cara meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Keywords


Minat Beli, Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Donat

References


Afandi, Pandi 2013. "Analisis Faktor Penentu Daya Tarik Produk Pada Pasar UKM Lopait Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang." Jurnal STIE AMA 1(2).

Aziz, Jihan. 2019. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Pelayanan Antenatal di Poliklinik Kebidanan RSUD Syekh Yusufkab Gowa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Firsa, Emilia. 2022. Pengaruh Keunggulan Produk terhadap Minat Beli Ulang dengan Word of Mouth sebagai Variabel Mediasi pada Produk Geprek Mas Boy dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Khoerul Imam, Fahrul, Neulis Lia Purwanti, Nur Maya Sari, and Canra Permadi. 2024. "Analisis Minat Beli Konsumen Coffee Shop di Bandung." Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen (EKO-BISMA) 3(1): 253–262.

Kesuma, T. M., R. Siregar, and A. Nizam. 2019. "Kepuasan Pengguna terhadap Integritas Pelayanan Tiket Online Berdasarkan Faktor Demografi." Editorial Board: 434.

Latief, Abdul. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan 7(1): 90–99.

Lauw, Vinna, I Nyoman Sudiarta, and Putu Agus Wikanatha Sagita. 2022. “Preferensi Wisatawan Staycation ke Daya Tarik Wisata di Badung, Bali.” Jurnal IPTA 10(1): 106.

Mardalena, Nurlina T., Ahmad Rizal Lubis, and Siska Utami. n.d. “Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek dan Keunggulan Produk terhadap Minat Beli Produk Luxury Fashion Brand dengan Gender sebagai Moderating pada Pemasaran Media Sosial di Kota Banda Aceh.” Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah 2(1).

Nugraha, Isna. 2024. “Analisis Pengaruh Produk HP Samsung terhadap Minat Beli Konsumen dengan Menggunakan Metode Uji Chi-Square.” Jurnal TRINISTIK: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, dan Teknik Logistik 3(1): 46–52.

Nugraha, Yudha Eka. 2019. “Analisis Pasar Wisatawan Mancanegara Pengguna Layanan Wisata Medis di Bali.” Tourism - Jurnal Pariwisata 2(2): 90.

Pambudi, Ginanjar. 2020. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Toko Roti Giraf Semarang). Skripsi. Universitas Semarang.

Pratama, Erick Tahta, Titik Ekowati, and Siswanto Imam Santoso. 2024. “Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Minat Beli Buah Mangga Arum Manis di Pasar Tradisional Kota Semarang.” Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 22(1): 59–70.

Putri, Annisa Rizki. 2022. Efektivitas Promosi SFS (Shoutout For Shoutout) Lampung di Instagram Terhadap Minat dan Kepercayaan Calon Pembeli (Studi Pada Anggota Grup Lampung SFS Pemilik Produk Makanan). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Putri, Laurensia Hanjani. 2016. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Naget Delicy.” Performa 1(2): 162–70.

Ramadhanni, Asrul, and Arasy Alimudin. 2018. “Analysis of the Relationship Between Prices, Promotions, Variants of Products and Sales Volume in Lego Brand Toy Products in Grand City Surabaya.” Jurnal Ekonomi 19(1): 24–30.

Riyanto Yonda, Dwi Agus, and Ernah Ernah. 2017. “Preferensi Konsumen Terhadap Produk Rumah Talas Bogor.” Jurnal Agribisnis Terpadu 10(2): 187.

Romadloni, M., et al. 2024. “Pemetaan Image Konsumen Terhadap Buah Durian Bido di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang.” Jurnal Sigmagri 4(2): 116–132.

Rizki, Deviany Amanda, Jono M. Munandar, and M. Syaefudin Andrianto. 2016. “Analisis Persepsi Konsumen dan Strategi Pemasaran Beras Analog (Analog Rice).” Jurnal Manajemen dan Organisasi 4(2): 144.

Santosa, R. Gunawan, and Hendro Setiadi. 2017. “Analisis Crosstab untuk Mengetahui Dependensi Beberapa Faktor Eksternal Terhadap IP Mahasiswa FTI UKDW pada Awal Perkuliahan.” Jurnal Teknik dan Ilmu Komputer 6(21).

Santoso, Wahyu. 2018. “Pendugaan Korelasional antara Faktor Pembentuk Efektivitas Pemasaran Online dengan Frekuensi Pembelian Pupuk Organik Cair Berbasis Website di Surabaya.” Berkala Ilmiah Agridevina 7(1): 40–50.

Sari, Ossie Happina. 2022. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Posyandu Terhadap Kepuasan Ibu Sasaran Posyandu." Journal Transformation of Mandalika 3 (3): 62–67.

Setiawati, Sri, and Feri Setyowibowo. 2024. "Analisis Marketing Mix yang Memengaruhi Kepuasan Belanja di Minimarket Tania Pada Mahasiswa FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta." Ekbis (Ekonomi & Bisnis) 12 (2): 257–267.

Suhartini, Mis, Kusnul Khotimah, and Rohmat Hidayat. 2020. "Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik-Sehat Tambakrejo Jombang." Agrosaintifika 2 (2): 131–146.

Taluke, Dryon, Ricky S. M. Lakat, and Amanda Sembel. 2019. "Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat." Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota 6 (2).

Tamara, Trisha Devi, Nindya Sari, and Dian Dinanti. 2019. "Keterkaitan Komponen Desa Wisata dan Kepuasan Wisatawan di Desa Poncokusumo dan Desa Gubugklakah." Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE) 8 (1).

Yanti, V. R. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Fashion Online Melalui Instagram. Skripsi, Universitas Pakuan.

Zakaria, A. 2021. Hubungan Terpaan Kode Promo dan Keputusan Menggunakan Layanan Grabfood (Studi Pada Mahasiswa Universitas Hasanuddin). Skripsi, Universitas Hasanuddin




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.18517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: