Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Bir Pletok Umkm Bang Isra di Kawasan Wisata Setu Babakan Jakarta Selatan

Fadli Hasan, Fatimah Azzahra, Ana Melani

Abstract


UMKM Bir Pletok Bang Isra merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang bergerak dalam bidang minuman tradisional khas Betawi yang berdiri pada tahun 2017. Banyak nya persaingan dengan produk yang serupa dan sasaran konsumen yang sama, maka pelaku UMKM perlu memperhatikan pengaruh bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran dan pengaruh penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari harga, produk, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling yaitu menentukan sampel secara kebetulan bertemu dengan peneliti dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas selanjutnya di transformasi menggunakan Metode Suksesif Interval (MSI). Teknik analisis dan pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan sebelumnya telah menghitung asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran harga, produk, promosi, lokasi, orang, dan bukti fisik termasuk kedalam kategori sangat baik, sedangkan variabel proses termasuk kedalam kategori baik. Variabel harga, produk, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial harga, produk, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Bauran pemasaran, Bir Pletok, Keputusan pembelian

References


Adriani, D., & Trimo, L. (2020). Faktor – Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Minuman Tradisional. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), 323–334.

Hidayat, R., Saptodewo, F., & Winarni, R. W. (2023). Perancangan Komik Bergerak Sejarah Minuman Betawi Bir Pletok. 1(3), 404–415.

Ishartani, D., Kawiji, & Khasanah, L. U. (2012). Produksi Bir Pletok Kaya Antioksidan Production of Bir Pletok Rich on Antioxidant. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, V(2), 33–39.

Mahendra, S. D. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran (7P) Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Sate Asin Garuda). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hang Tuah, Surabaya.

Putra, A. Y. T., Defri, I., Saputro, E. A., & Widyastuti, R. (2023). Potensi Bir Pletok Sebagai Minuman Fungsional Komersial. Agrisaintifika: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 7(1), 82–91.

Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Plum (Prunus Domestica) Di Brastagi Supermarket Rantau Prapat. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara.

Rhamadan, P. W. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Setu Babakan Berbasis Budaya Betawi Dan Kuliner Oleh Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Rosita, R. D. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Luwak Pada Kopi Luwak Mataram, Bantul. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Suryaningsih, E. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran 4p Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek “Cheers” Pada CV Darma Putra Wijaya Di Samarinda. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman Samarinda, Medan.

Wulandari, L. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran (Mix Marketing) Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kacang Hj. Ellya Di Kota Tebing Tinggi. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.18545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: