ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN SELADA HIDROPONIK DI KOTA PADANG

Hasyim Muttaqin, Delni Alek Candra, Nofrianil Nofrianil

Abstract


Hidroponik merupakan teknik budidaya tanaman tanpa menggunakan tanah, melainkan menggunakan air yang telah diperkaya dengan nutrisi dan oksigen dalam kadar tertentu. Selada hidroponik dikenal memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan sayuran konvensional karena bebas dari pestisida dan lebih higienis. Peningkatan permintaan terhadap selada hidroponik memberikan peluang besar bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar dan meningkatkan produksi. Keputusan pembelian merupakan proses yang dilalui individu dalam memilih dan membeli suatu produk berdasarkan pertimbangan tertentu. Di Kota Padang, keputusan pembelian selada hidroponik dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya harga, kualitas produk, promosi, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian selada hidroponik di Kota Padang, dengan latar belakang meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat dan kebutuhan akan produk pertanian yang aman dikonsumsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 102 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, promosi, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kualitas produk tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Nilai Adjusted R² sebesar 0,610 mengindikasikan bahwa 61% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel tersebut. Temuan ini menekankan pentingnya strategi pemasaran yang komprehensif, khususnya dalam hal penetapan harga, peningkatan kualitas layanan, dan promosi yang tepat sasaran guna meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk hidroponik.Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Hidroponik

Keywords


jurnal, agroinfo, jurnal unigal

References


Anggaran, Surya Septian. (2020), Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Buah Pepino (Solanum Mericatum) di supermarket berastagi, Kota Medan. Skripsi Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara

Anggriani, N. L. (2020). Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian produk handuk pada pt tatapusaka sentosa textile mills bandung. 3(1).

Ekowati S., M. F. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pada eleven cafe bengkulu. Jurnal ilmiah akuntansi, manajemen & ekonomi islam (jamekis) , 3(1).

Fawwaz, S., Sudjoni, N., & Susilowati, D. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian sayur hidroponik: Studi kasus Pojok Hidroponik Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Nama Jurnal atau Sumber.

Feriyan, W. (2018). Promosi dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. 16(1), Juni 2018 : 21- 27. ISSN : 1693-1688.

Ghozali, I. (2018). Processing Data Penelitian Menggunakan SPSS. E-Book, 1, 154.

Makmur, T., Afrizal, dan Mujiburrahmad. (2023). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sayuran Hidroponik Di Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Sayuran Pakcoy (brassica rapa l). JFP jurnal ilmiah mahasiswa pertanian, 8(4). www.jim.unsyiah.ac.id/jFP

Putri, A. M. A., & Listyorini, S. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha NMAX. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 85(1), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/administrasibisnis/article/view/27754

Putri, R. Y., Rosmiati, M., & Gunawan, W. (2022). Status Keberlanjutan Budidaya Sayuran Hidroponik Di Kota Padang Sumatera Barat. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(2). https://doi.org/10.25157/ma.v8i2.7347

Romalasari, A., & Sobari, E. (2019). Produksi Selada (Lactuca sativa L.) Menggunakan Sistem Hidroponik Dengan Perbedaan Sumber Nutrisi. Agriprima : Journal of Applied Agricultural Sciences, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.25047/agriprima.v3i1.158

Syaifuddin, M. (2016). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada PT. Elco Indonesia Sejahtera. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 6(1), 240-245.

Ujang, U. (2021). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pempek Pasar 26 Ilir Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 2(2), 305-310.

Ujang, U. (2021). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pempek Pasar 26 Ilir Palembang. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 2(2), 305-310.

Wicaksono, S. Y., & Mashariono, M. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanaan terhadap keputusan pembelian tiki di surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 9(7).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i2.18732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: [email protected]


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: