PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA AGROINDUSTRI KERIPIK KACA BELEDAG JAGARA DI DESA CITEREUP KECAMATAN KAWALI KABUPATEN CIAMIS)

Ajis Asahid, Tiktiek Kurniawati, Anisa Puspitasari

Abstract


Pentingnya media sosial sebagai sarana promosi yang efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya pada produk lokal.. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan promosi media sosial instagram yang dilakukan agroindustri keripik kaca Beledag Jagara, (2) mengetahui efektivitas promosi dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen agroindustri keripik kaca Beledag Jagara, dan (3) mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk agroindustri keripik kaca Beledag Jagara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian dengan pengolahan data hasil penelitian menggunakan pendekatan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna media sosial khususnya pengikut dari akun instagram Beledag Jagara serta pernah membeli produk Beledag Jagara. pengambilan sampel menggunakan teknik convienence sampling dengan jumlah sebanyak 70 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan pengolahan data menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penerapan promosi media sosial instagram yang dilakukan agroindustri keripik kaca beledag jagara berada dalam kategori, proses keputusan pembelian konsumen agroindustri keripik kaca beledag jagara berada dalam kategori baik serta terdapat pengaruh positif dan signifikan antara promosi melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian sebesar 54,2 %.

Keywords


Keputusan Pembelian, Media Sosial, Promosi

References


Arifah, F. N. (2015). “Transformasi Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek” (Stmik Bina Patria) Analisis Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Dalam Bisnis Online. Jurnal Transformasi, 11(2), 143–149.

Nasrullah, R. (2017). Blogger Dan Digital Word Of Mouth: Getok Tular Digital Ala Blogger Dalam Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial. Jurnal Sosioteknologi, 16(1), 1–16.

We Are Social. (2023). Digital 2023 Indonesia : Platfrom Social Media Yang Sering Digunakan Di Indonesia 2023.

Pratiwi, M & Agung, A. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73–81.

Udayana, I. G. B. (2011). Peran Agroindustri Dalam Pembangunan Pertanian. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 44(1), 3–8.

Arwakon, A. E., Ratar, M., Gampu, S., & Tomayahu, E. (2022). Analisis Pengolahan Keripik Singkong Di Desa Rufei Kecamatan Sorong Barat Kota Sorong. Global Science, 3(2), 16–23.

Solis, B. (2010). Engage! The Complete Guide For Brands And Businesses To Build, Cultivate,And Measure Success In The New Web. John Wiley & Sons, Inc.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Principle Of Marketing. 1–63.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.18842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: