MEMAHAMI MANAJEMEN PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN AGROINDUSTRI MENGGUNAKAN ALAT BERPIKIR SISTEM

Khairinnisa Aghnani, Tomy Perdana

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan yang memproduksi beberapa jenis jamur-jamuran, perusahaan ini adalah salah satu perusahaan pertanian terbesar di negara A yang merupakan negara dengan empat musim. Penelitian ini difokuskan pada manajemen persediaan paket jamur potong. Setiap tahunnya perusahaan mendapati kendala yang sama dimana perusahaan tidak dapat memenuhi permintaan (under stock) saat lonjakan permintaan terjadi ketika suhu mulai turun, dan mengalami over stock pada saat penurunan permintaan terjadi ketika suhu mulai naik. Hal ini terjadi akibat adanya budaya menu makanan yang musiman milik masyarakat negara A, dan jamur dianggap sebagai makanan musim dingin. Selain itu, negara A memiliki masalah penurunan tingkat pertumbuhan penduduk. Hal ini berimbas kepada masalah ketenagakerjaan semua industri di negara A. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan diantara manajemen persediaan, ketenagakerjaan, dan permintaan konsumen pada PT. XYZ menggunakan alat berpikir sistem melalui penggambaran diagram simpal kausal, dan pola archetypes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya masalah over stock dan under stock paket jamur potong dipengaruhi oleh banyaknya tenaga kerja asing, dan adanya fluktuasi permintaan yang cukup tinggi.

References


Ahman, E., dan Yana, R. 2009. Teori Ekonomi Mikro. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Almerico, G. M. 2014. Food and Identity: Food Studies, Cultural, and Personal Identity. Journal of International Business and Cultural Studies.

Ardiprawiro. 2015. Manajemen Keuangan. Universitas Gunadarma. Jakarta.

Asgara, B.Y., dan Hartono, G. 2014. Analisis Keefektifan Mesin Overhead Crane dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) di PT. Bukaka Teknik Utama Divisi Boarding Bridge. Disertasi. Bina Nusantara, Jakarta

Bungin, M.B. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana. Jakarta.

Brzezina, N., Biely, K., Helfgott, A., Kopainsky, B., Vervoort, J. dan Mathijs, E. 2017. Development of Organic Farming in Europe at the Crossroads: Looking for the Way Forward through System Archetypes Lenses. Sustainability. 9(5): 821.

Capra, F. 1997. Creativity and Leadership in Learning Communities. California: Center for Ecoliteracy.

Cedillo, C.V.R. 2017. What Is The Importance And Role of Food in Modern Japanese Society?. Disertasi. University of Iceland, Iceland.

Febianti, Y.N. 2014. Permintaan dalam Ekonomi Mikro. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi. 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i1.1950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: