PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PEMBELIAN MELON PREMIUM DI RAREPLANT TASIKMALAYA

Muhammad Aldi Rahman, Tedi Hartoyo, Candra Nuraini

Abstract


Rendahnya pangsa pasar melon premium dibandingkan dengan melon konvensional yang disebabkan oleh persepsi konsumen terhadap harga melon premium yang lebih mahal, sehingga hanya menarik segmen pasar tertentu, yaitu kalangan menengah ke atas. Dalam menghadapi tantangan ini, experiential marketing diperlukan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen terhadap produk melon premium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiental marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan sebagai variabel mediasi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2024 hingga Juni 2025. Penelitian ini dilakukan di Rareplant Tasikmalaya dengan responden berjumlah 80 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Metode statistik data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS versi 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, experiential marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan berpengaruh signifikan dalam memediasi experiential marketing terhadap loyalitas konsumen. 

Keywords


experiential marketing, loyalitas konsumen, kepuasan

References


Abadi, R. R., Nursyamsi, I., dan Syamsuddin, A. R. (2020). Effect of customer value and experiential marketing to customer loyalty with customer satisfaction as intervening variable (case study on gojek makassar consumers).The Asian Journal of Technology Management,13(1), 82-97.

Abdillah, W. dan Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS Alternatif Struktural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Adha, A.F.A., Puspaningrum, A. dan Rahayu, M. (2023). The Effects of Experimental Marketing and Experiential Value on Customer Loyalty with the mediation of Customer Satisfaction. Devotion: Journal of Research and Community Service, 4(9), pp.1804-1819. Available at: https://doi.org/10.59188/devo tion.v4i9.561.

Alfiana, L. dan Dewanti, R.P. (2024). Manajemen Pemasaran Melon ( Cucumis melo L .) di PT Indigen Karya Unggul Yogyakarta. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development. 3(2), pp. 36–49. Available at: https://doi.org/https://doi.org/ 10.20961/cosmed.v2i2.94095 2.

Chang, W.J. (2020). Experiential marketing, brand image and brand loyalty: a case study of Starbucks. British Food Journal, 123(1), 209–223.

Direktorat Jendral Hortikultura Kementrian Pertanian. (2024). Buku Atap Hortikultura 2023. Jakarta.

Gozali, I., dan Latan, H. (2015). Partial Least Square: Konsep, Teknik Dan Aplikasi SmartPLS 3.0 Untuk Peneliatian Empiris. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., dan Kusumadewi, K. A. (2023). Partial Least Square Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 4.0 untuk Penelitian Empiris (1 ed.). Klaten: Yoga Pratama.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., dan Sarstedt, M. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). SAGE Publications.

Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., dan Ray, S. (2021). Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM) Using R : A Workbook. New York: Springer International Publishing.

Imran, A.N. (2017). Pengaruh berbagai media tanam dan pemberian konsentrasi pupuk organik cair (poc) bio-slurry terhadap produksi tanaman melon (Cucumis melo L.). Jurnal Agrotan, 3(01), pp. 18–31.

Iqbal, M.F.A. 2016. Analisis Pengaruh Experiential marketing terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan menggunakan Metode Partial Least Square (Studi Kasus di Baegopa Resto Malang). Skripsi. Malang: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.

Karuniatama, I. H., Barata, D. D., dan Suyoto, Y. T. (2020). Pengaruh Experiential marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Ritel di Indonesia. Widyakala Journal: Journal Pembangunan of Jaya University, 7(1), 28–36

Kertajaya, H. (2010). Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Manengkey, V.M., Tumbel, T.M. dan Kalangi, J.A.F. Pengaruh 2019. Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Kebun Strawberry D’MOOAT. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), p. 64. Available at: https://doi.org/10.35797/jab.9 .1.2019.23558.64-71.

Nurpanjawi, L., Rahmawati, N., Istiyanti, E., dan Rozaki, Z. (2021). Kelayakan Usahatani Melon di Desa Kasreman, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Seminar Nasional, (March 2021), pp. 215–226. Available at: https://ns.umpwr.ac.id/prosidi ng/index.php/pertanian/article /view/1340% Ahttps://ns.umpwr.ac.id/prosi ding/index.php/pertanian/arti cle/viewFile/1340/1158.

Putra, R., Arifin, R., dan Hufron, M. (2019). Pengaruh Experiential marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 8(07).

Putri, D.P. (2018). Experiential Terhadap Pengaruh marketing Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Sayuran Organik Di Loka Malang. Thesis. Universitas Brawijaya.

Solikhah, B., Suryarini, T., dan Wahyudin, A. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan Hidroponik. Jurnal Abdimas, 22(2), 121–127.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Kedua. Bandung: Alfabeta.

Supriyanta, B., Florestiyanto, M. Y., dan Widowati, I. (2022). Budidaya Melon Hidroponik Dengan Smart Yogyakarta: Pembangunan Farming. Universitas Nasional Veteran Yogyakarta.

Wahyuningtyas, F.M., Achmad, F, dan Zainul, A. 2017. The Effect of Experiential marketing on Satisfication and Its Impact on Customer Loyalty. RJOAS, 1(61), 105 111. Wibowo, A. T. 2020. Pengaruh Perbedaan Penggunaan Cocopeat Terhadap Hasil Melon (cucumis melo l.) Honey Globe Dengan Sistem Hidroponik Irigasi Tetes. Politeknik Negeri Jember.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.20259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: