PENGARUH ATMOSFER KEDAI KOPI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (SUATU KASUS PADA CLUB 20 COFFEE AND BEANS)

Finivita Farhani

Abstract


Club 20 Coffee and Beans merupakan kedai kopi yang terletak di kaki Gunung Manglayang, memiliki konsep outdoor dengan memanfaatkan alam membuat kedai kopi ini mengandalkan atmosfernya yang unik. Namun penjualannya belum mencapai titik yang diinginkan perusahaan, di sisi lain terjadi pula fluktuasi penjualan. Penelitian ini mempelajari pengaruh atmosfer terhadap keputusan pembelian konsumen. Teknik survei dilakukan kepada 70 sampel yang didapat melalui systematic random sampling. Analisis dilakukan melalui analisis,deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil menunjukan mayoritas konsumen Club 20 Coffee and Beans merupakan wanita, kelompok Generasi Z, yang tinggal Kota/Kabupaten Bandung, dengan pendapatan berkisar Rp1.000.000-Rp4.999.999 dan berstatus sebagai siswa/mahasiswa. Hasil uji f antara variabel atmosfer (tata letak, estetika fasilitas, pencahayaan, pelayanan dan teknologi) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan hasil uji t menunjukan hanya variabel teknologi yang memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Club 20 Coffee and Beans.

Keywords


Atmosfer, Kedai Kopi, Keputusan Pembelian

References


Arsa, A. A., & Cahyaningratri. (2022). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, SERVICESCAPE, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COFFEE SHOP DI KOTA SEMARANG. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(1), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index

CNBC Indonesia. (2025). Gen Z Simak! Duit Ngopi Kamu Bisa Disulap Jadi Cuan Saham PuluhaGen Z Simak! Duit Ngopi Kamu Bisa Disulap Jadi Cuan Saham Puluhan Juta. Https://Www.Cnbcindonesia.Com/.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. (2023). Jumlah Cafe Berdasarkan Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Opendata.Jabarprov.Go.Id.

Ghazy, M., Falah, K., Saufi, A., Putra, D., & Sakti, B. (2022). Pengaruh Café atmosphere, Harga dan Lokasi terhadap. Journal of Sharia Economy and Islamic Tourism, 1(4), 1–18. https://doi.org/10.31764/jseit.v1i1

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2013). Multivarite Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.

Iman, N., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Analisis Daya Saing Industri Coffee Shop di Kota Medan (Vol. 02).

Levy, M., Barton, W., & Grewal, D. (2023). Retailing Management (11th ed.). McGraw Hill LLC.

Limanseto, H. (2021, October 1). Pemerintah Apresiasi Kolaborasi Mendorong Pertumbuhan Industri Kopi Indonesia. Www.Ekon.Go.Id.

Mahmudi, A., & Noer, B. A. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P di Era New Normal terhadap Keputusan Pembelian padaCoffeeShop di Malang (Studi Kasus: Kopi Ortu). Jurnal Sains Dan Seni ITS, 11(5), 141–145.

Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. In Prosiding Seminar Nasional SATIESP.

Muhlisah. (2021). Fungsi Kafe “Omnivora” Sebagai Ruang Sosial Bagi Mahasiswa Di Banjarmasin. JTAMPS, 1, 6–13.

Munira, T. (2016). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI SELASAR BANDUNG. E-Proceeding off Applied Science, 2(2), 414–421. www.bisniskuliner.com,

Putri, P., Malia, R., Hanisa, D., & Lestari, S. (2023). ANALISIS PERILAKU KONSUMEN 555 CAFE DAN RESTO ANALYSIS OF CONSUMER BEHAVIOR 555 CAFE AND RESTO Oleh. Jurnal Administrasi Bisnis, 5(2), 72–89.

Riyanto, S., & Hatmawa, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Deepublish.

Sachdeva, D. (2015). Gen Z - The Techilicious Generation Case Study of a Digitally Hooked Gen Zee. TIJ’s Research Journal of Social Science & Management, 56–67.

Şahin, S. K., & Artuğer, S. (2023). Coffeescape: A Scale for Measuring Coffee Shops Atmospherics. Journal of Tourism and Gastronomy Studies, 11(1), 144–160. https://doi.org/10.21325/jotags.2023.1184

Simanjorang, E. F. S. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI PADA WARKOP ON MADA RANTAUPRAPAT. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 91–101.

Sudarsono, A. T., & Rum, Mokh. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi pada Kedai Sehari Sekopi Sidoarjo. AGRISCIENCE, 2(2). https://doi.org/10.21107/agriscience.v2i2.11937

Sugiyanti, L., Yulita, Dewi, R. S., & Wijaya, I. Su. (2023). Strategi Pengembangan Produk Inovatif Bagi UMKM Bima Cafe. Jurnal Manajemen Pemasaran Internasional, 1(3), 111–123.

Sutanty, M., & Engga, A. A. (2024). DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA KING BOBA CAFÉ DITINJAU DARI ASPEK PEMILIHAN LOKASI DAN DESAIN INTERIOR. Samalewa Jurnal Riset Dan Kajian Manajemen, 4, 225–236. http://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/samalewaPp.225-236

Valentine, K. (2014). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DAKKEN COFFEE & STEAK BANDUNG. Jurnal Manajement, 1(3), 782–792.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v12i3.20581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: