ANALISIS PEMASARAN DODOL SIRSAK (Annona muricata)

Angga Lenggana, Soetoro Soetoro, Tito Hardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran dodol sirsak di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (2) Besarnya marjin pemasaran pada masing-masing lembaga pemasaran dodol sirsak di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (3) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran dodol sirsak pada tiap lembaga pemasaran di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. (4) Besarnya bagian harga yang diterima produsen (share) dari harga yang dibayarkan konsumen pada pemasaran dodol sirsak di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian dilaksanakan di Desa Singaparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya dengan menggunakan metode survai. Teknik penarikan responden dilakukan secara sengaja (purposive sampling). Alasan memilih Desa Singaparna sebagai tempat penelitian karena Desa Singaparna merupakan penghasil produk dodol sirsak terbesar di Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Ada dua saluran pemasaran dodol sirsak dari Desa Singaparna yaitu :a) Saluran pemasaran IProdusen - Konsumen Akhirb) Saluran Pemasaran IIProdusen - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir2) Marjin pemasaran dodol sirsak pada saluran pemasaran I sebesar Rp. 0,- per kilogram, sedangkan marjin pemasaran pada saluran II di tingkat Pengecer sebesar Rp 5.000,- per kilogram.3) Besarnya biaya dan keuntungan pemasaran di tingkat pedagang pengecer pada saluran II yaitu sebesar Rp. 929,1,- dan Rp 4.070,9,- per kilogram.Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa bagian harga yang diterima produsen (share) di Desa Singparna Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya pada Saluran I sebesar 100 persen, sedangkan pada Saluran II sebesar 83,3 persen dari harga yang dibayar oleh konsumen akhir.

Full Text:

PDF

References


Bell, J. 2006. Melakukan Proyek Penelitian Secara Mandiri. Indeks. Jakarta.

Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan. 2014. Potensi Sentra Industri Kecil Menurut Jenis Komoditi. Kabupaten Tasikmalaya.

Kotler, Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1. Indeks. Jakarta.

Muktiani. 2014. Khasiat dan Cara Olah Sirsak untuk Kesehatan dan Bisnis Makanan.

Pustaka Baru Press. Yogyakarta Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang Gozali. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Pustaka Setia. Bandung.

Purnomosidhi, P. Suparman. JM Roshetko dan Mulawarman. 2007. Perbanyakan dan budidaya tanaman buah-buahan. World Agroforestry Centre (ICRAF) dan Winrock International. Bogor.

Ritonga. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Sunarjono, H. 2013. Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah. Penebar Swadaya. Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i3.223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: