Analisis Biaya, Penerimaan, Pendapatan dan R/C Pada Agroindustri Serundeng Kelapa (Studi Kasus Pada PT. Dinaya Sambiana Loemintoe Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran)

Dede Saepul Anfal, Muhamad Nurdin Yusuf, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya produksi yang dikeluarkan PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi, 2) Besarnya penerimaan yang diterima PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi, 3) Besarnya pendapatan yang diterima PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi, 4) Besarnya R/C yang didapatkan PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi. Penelitian ini dilakukan di Dusun Cikoranji Desa Cimindi Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran dengan menggunakan Metode Studi Kasus. Dengan mengambil sampel pada seorang pengusaha agroindustri serundeng kelapa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Besarnya biaya produksi yang dikeluarkan PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi adalah Rp 7.504.763,- 2) Besarnya penerimaan yang diterima PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi adalah Rp 14.000.000.- 3)  Besarnya pendapatan yang diterima PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi adalah Rp 6.495.237,- 4) Besarnya R/C yang didapatkan PT. Dinaya Sambiana Loemintoe per satu kali proses produksi adalah 1,86.

Keywords


Biaya, Kelapa, Pendapatan, Penerimaan, R/C

References


Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Darsono, 2008. Metodologi Riset Agribisnis Buku II Metode Analisis Data. Progam Studi Magister Manajemen Agribisnis Progam Pascasarjana UPN. Veteran. Surabaya

Dinas Pertanian, 2018. Luas Tanaman, Produksi, dan Produktivitas Tanaman Kelapa Dalam Tahun 2017. Kabupaten Pangandaran.

M. Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan. Penerbit Salemba4. Jakarta.

Nursuci, S. 2012. Teknologi Budidaya Tanaman Kelapa. CV. Amaliah Book. Bandung.

Soekartawi. 2010. Agribisnis: Teori dan Aplikasinya. Jakarta : PT Raja .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: