ANALISIS SALURAN PEMASARAN COMRING (Studi Kasus pada UKM Surya di Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis)

Hedi Nur Hidayat, Trisna Insan Noor, Budi Setia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: saluran pemasaran, biaya pemasaran, marjin dan keuntungan pemasaran serta producer’s share comring pada UKM Surya di Desa Kertayasa Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri atas data primer dan data sekunder. Jumlah informan sebanyak 13 orang, satu orang produsen, dua orang pedagang pengumpul dan sepuluh orang pedagang pengecer. Hasil penelitian adalah:Terdapat dua saluran pemasaran yaitu:Saluran I : Produsen ® Pedagang Pengumpul ® Pedagang Pengecer ® Konsumen AkhirSaluran II : Produsen ® Pedagang Pengecer ® Konsumen AkhirPada Saluran I besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 13.000,00 per kilogram, rata-rata biaya pemasaran Rp 485,73 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 12.514,27 per kilogram. Pada Saluran II besarnya rata-rata marjin pemasaran Rp 16.000,00 per kilogram, rata-rata biaya pemasaran Rp 133,20 per kilogram, rata-rata keuntungan pemasaran Rp 15.866,80 per kilogram.Producer’s share Saluran I adalah 59,37 persen dan Saluran II adalah 54,28 persen.Saluran I nilai efisiensi pemasarannya adalah 1.52 persen dan Saluran II adalah 0,38 persen.

Keywords


Saluran, Pemasaran, Comring

References


Angipora. 2002. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kedua. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Imran. 2014. Analisis Nilai Tambah Keripik Ubi Kayu di UMKM Barokah. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol. 1 No. 4.

Islami, T. 2014. Singkong: Tinjauan Aspek Ekofisiologi Serta Upaya Peningkatan dan Keberlanjutan Hasil Tanaman. Graha Ilmu. Malang.

Rosmawati, H. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Organ Komering Ulu. Jurnal Agromobis. Vol 3(5).

Sholihah, H., Imam Hidayat, S., Yuliati, N. 2014. Persepsi dan Sikap Nasabah dalam Memperoleh Kredit Usaha Agribisnis pada Bank Konvensional dan Bank Syariah. JSEP Vol. 7 No. 1 Juli 2014: 1-8.

Soekartawi. 2005. “Agribisnis: Teor dan Aplikasinya”. Rajawali Pers. Jakarta.

Zulganef. 2018. Metode Penelitian Bisnis dan Manajemen. PT Refika Aditama. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: