ANALISIS SALURAN PEMASARAN TEPUNG AREN (Studi Kasus di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)

Deti Ratna Suminar, Trisna Insan Noor, Dani Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)saluran pemasaran tepung aren di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, (2) besarnya margin, biaya dan keuntungan pemasaran tepung aren, (3) besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share), (4) dan efisiensi pemasaran tepung aren di Desa Kertaharja Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri dari data primer dan data sekunder. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak delapan belas orang yang terdiri dari 3 produsem, satu pedagang pengepul, 2 pedagang besar dan 12 pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukan bahwa :Terdapat satu saluran pemasaran tepung aren sampai ke tangan konsumen akhir yaitu :Saluran Pemasaran: Produsen®PedagangPengepul®Pedagang Besar®Pedagang Pengecer® Konsumen Akhir. Pada saluran ini melibatkan beberapa lembaga pemasaran yaitu pedagang pengepul, pedagang besar dan pedagang pengecer. Besarnya margin pemasaran pada saluran ini adalah sebesar Rp. 2.000,- per kilogram sehingga keuntungan total pemasaran sebesar Rp. 1.635,- per kilogram. Besarnya bagian harga yang diterima produsen (producer’s share) pada saluran pemasaran ini adalah sebesar 77,77 persen. Total biaya yang dikeluarkan selama proses pemasaran tepung aren adalah Rp. 365,- per kilogram, total keuntungan pemasarannya Rp. 1.635,- per kilogram. Bila dilihat dari saluran pemasarannya, saluran pemasaran tepung aren ini efisien  yaitu sebesar 0,05%.

Keywords


Biaya, efisiensi pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, producer’s share.

References


Daniel, 2003. Kepemimpinan Yang Mendatangkan Hasil. Cetakan Pertama, Amara Books. Yogyakarta

Desa Kertaharja 2018. Laporan Tahunan Pertanggungjawaban. Kecamatan Cijeungjing. Ciamis.

Hanafie R, 2010. Pengantar Ekonomi Pertanian. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Kolter dan Keller, 2007. Manajeman Pemasaran. Jilid 1 edisi kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

Mulyadi, 1991. Akuntansi Biaya Untuk Manajemen. Yogyakarta :BPFE-UGM.

Musstofa. 2008. Perkembangan Bahasa dan Anak Efisiensi Pemasaran Produk Pertanian. Diakses 15 April 2017.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. PT Alfabeta : Bandung

Sukandarrmidi, 2006. Metode Penelitian. Yogyakarta.: Pers UGM.

Soekartawi, 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Raja Grafindo Persaba : Jakarta

Suprapto. 2008. Karakteristik Penerapan dan Pengembangan Agroindustri Hasil Pertanian di Indonesia. Universitas Mercu Buana. Jakarta.

Sutarno, 2014. Ekonomi Dan Perusahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi : Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: