Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Komoditas Duku (Lansium domesticum) pada Kelompok Tani Harapan Makmur (Studi Kasus di Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis)

Ari Nurhidayat, Dini Rochdiani, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah  mengetahui : (1) Kelayakan finansial usahatani duku yang diusahakan para petani pada Kelompok Tani Harapan Makmur Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, (2) Jangka waktu yang diperlukan untuk mengembalikan seluruh modal yang diinvestasikan pada usahatani duku yang diusahakan para petani pada Kelompok Tani Harapan Makmur Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Penarikan responden dilakukan secara sampling jenuh, pada semua petani yang mengusahakan duku pada Kelompok Tani Harapan Makmur Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis yaitu sebanyak 5 orang. Analisis yang digunakan yaitu analisis kelayakan finansial dengan menggunakan rumus NPV, IRR, Net B/C dan Payback Periods. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Besarnya rata-rata biaya investasi usahatani duku per hektar pada Kelompok Tani Harapan Makmur di Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing sebesar Rp. 74.707.900,00. Rata-rata biaya operasional usahatani duku per hektar untuk tahun ke-1 sampai tahun ke-9 adalah  Rp. 1.572.981,20 sedangkan rata-rata biaya operasional usahatani duku per hektar untuk tahun ke-10 sampai tahun ke-30 adalah Rp. 7.066.812,00. Rata-rata penerimaan usahatani duku per hektar pada Kelompok Tani Harapan Makmur di Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing sebesar Rp. 1.023.753.600,00. Nilai rata-rata NPV per hektar sebesar Rp. 35.758.175,22. Berarti responden memperoleh keuntungan pada tingkat bunga 7 persen sebesar Rp. 35.758.175,22. Nilai rata-rata Net B/C sebesar 1,41 ini berarti setiap 1,00 modal yang ditanam pada usahatani duku akan memperoleh manfaaat sebesar 1,41. Nilai rata-rata IRR yang diperoleh sebesar 8,83 persen, berarti tingkat bunga bank maksimum yang mampu dibayar oleh responden sebesar 8,83 persen per tahun atau lebih besar dari tingkat bunga 7 persen. Dilihat dari NPV, Net B/C dan IRR maka usahatani duku pada Kelompok Tani Harapan Makmur di Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing layak untuk diusahakan, karena nilai NPV nya lebih dari 0, Net B/C lebih dari 1, dan IRR nya lebih besar dari tingkat bunga bank yang berlaku. 2) Rata-rata jangka waktu pengembalian modal yang diinvestasikan dalam usahatani duku di Kelompok Tani Harapan Makmur Dusun Cililitan Desa Karanganyar yaitu 20 tahun 6 bulan 20 hari.

Keywords


Kelayakan Finansial, NPV, Net B/C, IRR, Buah Duku.

References


Atmaja, U., dan Hartoyo, T. 2005. Optimasi Alokasi Lahan pada Sistem Pengelolaan Usaha Wanatani (Kasus Laboratorium Lapangan Watani Universitas Siliwangi). Kerjasama Universitas Siliwangi Tasikmalaya dan Balai Rehabilitasi Lahan dan Konservasi Tanah Cimanuk-Citanduy Ditjen Departemen Kehutanan RI. Tasikmalaya.

Azhari, DH., 2004. Dukungan Pengolahan dan Pemasaran Hasil terhadap Pengembagan Agribisnis Hortikultura. Makalah Disampaikan pada Pertemuan Sinkronisasi Pelaksanaan Pengembangan-Hortikultura 2004. Cisarua. Bogor.

Daniel, M. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta.

Husnan, M. dan Muhamad, S. 2008. Studi Kelayakan Proyek. Unit Penerbit dan Percetakan. Yogyakarta.

Lutony, T. L. 2005. Duku Potensi dan Peluangnya. Kanisius. Yogyakarta.

Ritonga, A. 2003. Kependudukan dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Fakultas Ekonomi UI.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i2.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: