ANALISIS SALURAN PEMASARAN BIJI KOPI ROBUSTA (Suatu Kasus di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis)

Apan Apandi, Trisna Insan Noor, Dani Lukman Hakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran kopi robusta di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis; (2) Besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran kopi robusta di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis; (3) Besarnya bagian harga (farmer’s share) yang diterima petani keseluruhan harga yang di bayar oleh konsumen. (4) Besarnya efisiensi pemasaran biji kopi robusta di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis. Survey merupakan teknik riset dimana informasi dikumpulkan menggunakan penyebaran kuesioner. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang. Dua puluh tujuh orang petani, dua orang pedagang pengumpul, satu orang pedagang besar, dan dua orang konsumen industri. Hasil penelitian Biiji Kopi Robusta di Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis diketahui bahwa : 1) Terdapat dua saluran pemasaran biji kopi robusta sampai ke tangan konsumen akhir yaitu: a) Pola Saluran Pemasaran I : Petani---Pedagang Besar---Konsumen Industri, b) Pola Saluran II : Petani---Pedagang Pengumpul---Pedagang Besar---Konsumen Industri. 2) Besarnya Marjin, biaya, dan keuntungan pemasaran pada saluran pemasaran I sebagai berikut : (1) marjin pemasaran sebesar Rp 2.000 per kilogram (2) Biaya pemasaran sebesar Rp 1.010 per kilogram dan (3) keuntungan pemasaran sebesar Rp 990 per kilogram. Sedangkan marjin, biaya, dan keuntungan pada saluran pemasaran II sebagai berikut : (1) marjin pemasaran sebesar Rp 3.000 per kilogram (2) biaya pemasaran sebesar Rp 1.590 per kilogram, dan (3) keuntungan pemasaran sebesar Rp 1.410 per kilogram. 3) Berdasarkan hasil penghitungan bahwa besarnya nilai farmer’s share atau bagian harga yang diterima petani pada saluran pemasaran I adalah 90,47 persen dan pada saluran pemasaran II sebesar 85,71 persen. 4) Besarnya efisiensi pemasarannya pada saluran pemasaran I sebesar 4,80 persen. Sedangkan pada saluran pemasaran II efisiensi pemasarannya sebesar 7,57 persen.

Keywords


Biji, Kopi, Pemasaran, Robusta.

References


Badan Intelijen Negara, 2012. Prediksi dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia Tahun 2013. Terdapat dalam http://bin.go.id/prediksi-dan-tantangan-sektor-pertanian-indonesia-tahun-2013.htm. Diakses tanggal 10 April 2019. Ciamis.

BP3K Kecamatan Rajadesa. 2018. Laporan Tahunan Kopi Robusta. BP3K Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.

Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa. 2018. Monografi Desa Purwaraja. Desa Purwaraja Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. 2018. Laporan Tahunan Kopi Robusta. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis.

Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. 2017. Laporan Tahunan Produksi dan Permintaan Konsumsi Kopi. Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Terdapat dalam http://.www.dinbun.jabar.go.id. Diakses tanggal 24 April 2019. Ciamis

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2016. Statistik Perkebunan Indonesia : Kopi 2015-2017. Kementerian Pertanian : Jakarta. Terdapat dalam Outlook Kopi 2017 http://www.epublikasi.setjen.pertanian.go.id. Diakses tanggal 24 April 2019. Ciamis

Handayani, S.M dan Nurlaila, I. 2011. Analisis Pemasaran Susu Segar di Kabupaten Klaten. Jurnal Sains Peternakan Vol. 9 (1). Terdapat dalam http://jurnal.uns.ac.id. Diakses tanggal 14 Februari 2019. Ciamis.

Kadir, A. 2005. Analisis Finansial Nira Aren (Arengga Pinnata) Menjadi Produk Gula Merah. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan Volume : 2 No. 1, Bogor.

Karya Tani Mandiri, 2018. Rahasia Sukes Budidaya Kopi. Nuansa Aulia : Bandung.

Rosmawati , H. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. (Jurnal) Universitas Baturaja. Malang.

Survei Sosial Ekonomi Nasional. 2017. Perkembangan Permintaan Konsumsi Kopi di Indonesia Tahun 2002-2016. Badan Pusat Statistik : Jakarta. Terdapat dalam http://www.bps.go.id. Diakses tanggal 24 April 2019. Ciamis

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Wibisono, M.S. 2005. Pengantar Ilmu Kelautan. P.T Gramedia Widiasarana. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: