ANALISIS PROFITABILITAS USAHA AGROINDUSTRI KECAP CAP JAGO (Studi Kasus pada Perusahaan Kecap Cap Jago di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

Indri Puspa Dewi, Dini Rochdiani, Sudrajat Sudrajat

Abstract


Salah satu subsistem agribisnis adalah agroindustri kecap. Kecap merupakan hasil olahan dari gula merah dan  kedelai yang banyak digunakan sebagai penyedap makanan ataupun bumbu dapur berupa cairan berwarna merah kecoklatan rasanya ada yang manis dan ada yang asin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Besarnya biaya, penerimaan, pendapatan, dan R/C pada agroindustri kecap dalam satu kali proses produksi. 2) Besarnya profitabilitas pada agroindustri kecap dalam satu kali proses produksi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada agroindustri kecap di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Sampel diambil dengan cara purposive sampling pada agroindustri kecap dengan pertimbangan usaha tersebut merupakan usaha kecap paling lama berdiri di Desa Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran.  Data yang digunakan pada penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari wawancara langsung dengan pemilik agroindustri kecap, dimana wawancara disertai dengan daftar pertanyaan berupa kuisioner yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Data sekunder adalah data yang berasal dari instansi terkait. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Biaya yang dikeluarkan oleh agroindustri kecap cap jago dalam satu kali proses produksi adalah sebesar Rp 17.024.435,44, 2. Penerimaan sebesar Rp 21.600.000, pendapatan yang diperoleh perusahaan sebesar Rp 4.575.564,56, 3. Profitabilitas yang diperoleh agroindustri kecap cap jago adalah sebesar 21,18 % dalam satu kali proses produksi.

Keywords


Agroindustri, Kecap, Profitabilitas.

References


Anjayani dan Haryanto. 2009. Geografi : jelajah Bumi dan alam Semesta. Citra Raya. Bandung.

Iqbal, M. Dan T. Sudaryanto. 2008. Tanggung Jawab Sosil Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Dalam Prespektif Kebijakan Pembangunan Pertanian. Periode 11-13 Oktober 2008). Universitas Sebelas Maret.

IKAPI (2001). Membuat Kecap : Tempe Busuk : Nira, Air kelapa. Yogyakarta Penerbit Kanisius. Hal 13

(2005). Kecap Tradisional. Yogyakarta. Penerbit Kaninus. Hal 42

Suratiyah. 2009. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Winarno, F.G. 1989. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v6i3.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: