ANALISIS SALURAN PEMASARAN PEPAYA CALIFORNIA (Suatu Kasus di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Hadi Permana, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Saluran pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, 2) Besarnya biaya, marjin dan keuntungan pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, 3) Efisiensi pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, dan 4) Besarnya bagian harga yang diterima petani dari harga yang dibayar konsumen (farmer’s share). Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat 3 saluran pemasaran pepaya California di Desa Sukajaya Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, yaitu Saluran I (produsen – konsumen), Saluran II (produsen - pedagang pengecer – konsumen), dan Saluran III (produsen – pedagang pengumpul - pedagang besar - pedagang pengecer – konsumen). 2) Biaya pemasaran pada saluran II sebesar Rp 230,00/kg, dan pada saluran III sebesar Rp 1.000,00/kg. Marjin pemasaran pada Saluran II sebesar Rp 1.900/kg, dan  Saluran III sebesar Rp 4.200/kg. Keuntungan pemasaran pada Saluran II sebesar Rp 1.670,00/kg, dan Saluran III sebesar Rp 3.300,00/kg. 3) Efisiensi pemasaran pada Saluran I sebesar 5,43%, Saluran II sebesar 9,61%, dan Saluran III sebesar 43,47%. 4) Farmer’s share pada saluran I sebesar 57,50%, Saluran II sebesar 57,78%, dan Saluran III sebesar 35,38%.

Keywords


Saluran Pemasaran, papaya California

References


Anindita, 2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Surabaya: Penerbit Papyrus.

Ari, 2015. Analisis Kelayakan Usahatani Pepaya California di Desa Lembupurwo Kecamatan Mirit Kabupaten Kebumen

Ashari, S. 2004. Biologi Reproduksi Tanaman Buah-buhan Komersial. Malang: Penerbit: Banyu-media Publishing.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Ciamis, 2019. Kecamatan Pamarican Dalam Data.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, 2019. Jawa Barat Dalam Data.

Boyd et al. 2000 dalam Abednego. 2008. Manajemen Pemasaran; Suatu Pendekatan Stategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daniel, M. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian: Penerbit Sinar Gradika Offset. Jakarta.

Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabuten Ciamis, 2018. Rekap Realisasi Buah-Buahan Ciamis.

Direktorat Gizi, Depkes RI 2016. Kandungan Gizi pada Buah Pepaya. Jakarta.

Direktorat Jendaral Hortikultura. 2015. Perkembangan PDB Komuditas Hortikultura Indonesia. http://hortikultura.deptan.go.id (diakses 28 Maret 2019).

Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Haid, A. 2006. Tataniaga Pertanian. Universitas Hasanuddin.

Hutahuruk, J., 2003. Tataniaga Hasil Pertanian. UNIKA. Medan

Kantor Desa Sukajaya, 2019. E Data Menurut Luas Lahan, Usia, Mata Pencaharian dan Tingkat Pendidikan.

Kartasapoetra. G, Marketig Produk Pertanian dan Industri. Jakarta: Rineka Cipta.

Kelie, M. 2008. Bertanam Pepaya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Kementerian Pertanian, 2014. Indonesia Negara Agraris. Diakses tanggal 7 April 2019.

Kotler, dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

_____. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, 2010. Karakteristik Buah dan pohon pepaya, Agro Kates Mandiri.

Mubyarto, 1995. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: LP3ES.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i1.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: