TINGKAT PARTISIPASI DAN PENDAPATAN KELOMPOK TANI MEKAR BAKTI 3

Zaenudin Zaenudin, Soetoro Soetoro, Cecep Pardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat partisipasi pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 sebagai anggota, sebagai pengelola, sebagai manajer (2) Pendapatan pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 di Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode studi kasus. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sensus yaitu dengan mengambil seluruh anggota populasi Kelompok tani pada Kelompok Tani ”Mekar Bakti 3” dengan jumlah anggota sebanyak 40 orang untuk dijadikan responden. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Untuk mengetahui tingkat partisipasi dan pendapatan baik itu sebagai anggota, pengelola unit usaha maupun sebagai pengurus, dengan menggunakan interval kelas. Hasil analisis menunjukkan : (1) Tingkat Partisipasi pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 sebagai anggota baik itu partisipasi dalam pengambilan keputusan, dalam permodalan kelompok tani, dalam pengawasan usaha, dan manajemen kelompok tani serta partisipasi dalam memanfaatkan pelayanan unit usaha kelompok tani termasuk dalam kategori sedang dengan presentase 50 persen atau sebanyak 20 orang dari jumlah anggota, tingkat partisipasi pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 sebagai pengelola unit usaha kelompok baik itu partisipasi dalam pengambilan keputusan, dalam permodalan kelompok tani, dalam pengawasan usaha dan manajemen kelompok tani serta partisipasi dalam memanfaatkan pelayanan unit usaha kelompok tani termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 100 persen atau semua pengelola unit usaha kelompok berpartisipasi aktif, tingkat partisipasi pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 sebagai pengurus baik itu partisipasi dalam pengambilan keputusan, dalam permodalan kelompok tani, dalam pengawasan usaha dan manajemen kelompok tani serta partisipasi dalam memanfaatkan pelayanan unit usaha kelompok tani termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 71,4 persen atau 5 orang dari jumlah yang menjadi pengurus kelompok tani, dan (2) Tingkat Pendapatan pada Kelompok Tani Mekar Bakti 3 baik itu sebagai anggota kelompok, pengelola unit usaha kelompok maupun sebagai pengurus kelompok dalam satu tahun termasuk kedalam kategori rendah dengan presentase 57,5 persen atau sebanyak 23 orang dari jumlah responden atau seluruh anggota kelompok tani.Kata kunci : Partisipasi, Pendapatan, Kelompok Tani

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2003. Peranan Kelompok Tani Dalam

Ketahanan Pangan.

=detail&id=352&id_kolom=2>. Diakses 26 September 2012.

_______2011.Skripsi.http://3plexrangga.blogspot.com/ Diakses 10 September 2013.

Anwar, ZS, (2002), “Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Lingkungan”, Disampaikan dalam training on gender and Analyses Statistics, Lenteng Agung, Jkarta Timur, 21- 24 Januari 2002.

Azisturindra. 2009. Organisasi KelompokTani.http://azisturindra.wordpree.com. Diakses Pada Tanggal 5 Januari 2014.

BP4K Kecamatan Cijeungjing. 2013. Data Kelompok Tani sampai dengan bulan april 2013. Kabupaten Ciamis.

Daniel, M. 2003. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Bumi Aksara. Jakarta. Departemen Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. 2008. Petunjuk teknis oprasional PNPM Mandiri

Perdesaan. Jakarta.

Echols, John M and Hassan Shadily. 2000. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Elizabeth, R. 2007. Pengarustamaan Gender Melalui Managemen Sumberdaya Keluarga Dan Diversivikasi Pendapatan Rumah Tangga Petani di Pedesaan: antara Harapan dan Kenyataan. Makalah Lokakarya Pengarustamaan Gender. FEMA IPB Bogor bekerjasama dengan Kementrian pemberdayaan Perempuan RI.

Gerungan, W. A. 2002. Psikologi Sosial. Refika Aditama. Bandung.

Hastutui, Lestari dan Ending. 2004. Hambatan Sosial Budaya dalam Pengarustamaan Gender di Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Harahap, 2001.Analitis Kritis Atas Laporan Keuangan. Cetakan Ketiga. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Hariadi, S. S. 2011. Dinamika Kelompok.Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.Yogyakarta.

Hariadi, S. S. 2005. Revitalisasi Kelompok Tani Sebagai Media Penyuluhan Pertanian Era Globalisasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian; 1(2): 83-93.

Irianto, Gatot. 2003. Implikasi Penyimpangan Iklim Terhadap Tataguna Lahan. Makalah Seminar Nasional Ilmu Tanah.KMIT

Jurusan Tanah Fakultas Pertanian UGM. Yogyakarta.http://mbojo.wordpress.com/2007/07/24/ hujan. Diakses 10 september 2013.

Iqbal, M. 2007. Strategi Pengendalian Alih Fungsi Lahan Pertanian Bertumpu pada Partisipasi Masyarakat.Bogor: Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Jalal, F dan Supriadi, D .Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah.Jakarta : Depdiknas-Bapenas-Adicitakaryanusa, 2001.

Kustiari, Djoko Susanto, Sumardjo dan Ismail Pulungan. 2006. Faktor-Faktor Penentu Tingkat Kemampuan Petani Dalam Mengelola Lahan Marjinal (Kasus di Desa Karangmaja, Kecamatan Karanggayam,

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan Vol. 2 No. 1.ISSN.1858-2664.

Lakitan, Benyamin. 2002. Dasar-Dasar Klimatologi. Cetakan ke-dua.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mardikanto . 2003. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. UNS Press. Surakarta. Mantra. 2000. Demografi umum. UI Press. Jakarta.

Mardikanto, Totok. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Penerbit Sebelas Maret University Press, Surakarta. Mosher, A.T. 1983.Menggerakkan dan Membangun Pertanian.Syarat-syarat Pokok

Penbangunan dan Modernisasi. CV. Yasaguna, Jakarta.

Permadi, K. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Manajemen. Penerbit PT. Rineka Cipta, Jakarta. Poli, W.I.M. 2002.Kepemimpinan Stratejik : Pelajaran Dari Yunani Kuno hingga Bangladesh. Penerbit Identitas Universitas Hasanuddin, Makassar.

Purnomo, 2006.Analisis Efektivitas Organisasi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Batang. Program Pasca Sarjana Universitas

Diponegoro, Semarang.

Sehfudin Arif, 2011. Pengaruh Gaya kepemimpinan, Komunikasi Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan : (Studi Pada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Cabang Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Setiana, Lucie. 2005. Teknik Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat. Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Soekarso, Sosro, Putong, Hidayat, 2010. Teori Kepemimpinan. Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta.

Sofyan, 2011.Analisi Partisipasi Kelompok Tani Ternak Dalam Kegiatan Penyuluhan DiKecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros (Skripsi).Makassar ; unhas.

Sumaryadi, I Nyoman, Prof, Dr, 2010, Sosiologi Pemerintahan, Jakarta : Ghalia Indonesia.

Sudjana.2002. Teknik Analisis Regresi dan korelasi bagi para peneliti. Tarsito Bandung.

Suratiyah, K. 2006. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta.

Syamsu, Jasmal. 2011. Reposisi Paradigma Pengembangan Peternakan : Pemikiran, Gagasan, dan Pencerahan Publik. Penerbit Absolute Media, Yogyakarta.

Tani, 2003. Get Real :Berdayakan Manager- Leader dalam Diri Anda. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Togatorop (1986).Hubungan Beberapa Ciri Pribadi dan Perilaku Kepemimpinan Kontak Tani.Suatu Kasus di Wilayah Kerja BalaiPenyuluhan Pertanian Sei Pinyuh, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat.

Wibowo, 2009.Manajemen Kerja. Penerbit PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v1i1.282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: