FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI (Studi Kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga)

Erlan Geofanny

Abstract


Penelitian ini menganalisis bagaimana pengaruh gaya hidup, harga, tempat, promosi, kualitas produk, dan jenis kelamin terhadap keputusan pembelian konsumen di Langit Senja Coffee. Penelitian ini dilakukan pada bulan Febuari-Maret 2020. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 40 responden yaitu dengan kriteria konsumen yang pernah berbelanja langsung pada Langit Senja Coffee minimal 1 (satu) kali dan usia responden lebih dari 17 tahun, yakni pada usia tersebut konsumen dapat mengambil keputusan untuk melakukan pembelian sendiri. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya hidup, harga dan jenis kelamin berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan tempat, promosi dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.

Keywords


Keputusan Pembelian, Skala Likert, purposive sampling

References


Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi

Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, I. 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Cetakan Keenam, BPFE. Yogyakarta.

Graha G. 2011. [Skripsi]. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kecap Manis Merk ABC (Studi Kasus pada Ibu Rumah Tangga di Daerah Tembalang) [Internet]. [diunduh 2013 Desember 15]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran (Jilid 1, E). Jakarta: Prehallindo.

Kotler, P (2005). Prinsip-prinsip pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran (Edisi 12 J). Jakarta: Indeks.

Kotler P, dan Armstrong G. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta (ID): Erlangga.

Kotler P dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Edisi Pertama. Jakarta (ID): Prentice Hall.

Setyarko, Y. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan

Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara

Online. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 5(2), 128–147.

Simamora., 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta : pt. Gramedia Pustaka Utama.

Siswoputranto. (1993). Kopi Internasional dan Indonesia. Kanisius. Yogyakarta.

Tjiptono. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta:BPFE.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: