Efisiensi Ekonomi Penggunaan Input Usahatani Padi Sawah Pada Lahan Irigasi Pedesaan

Elis Sulistiana khoerunisa, Trisna Insan Noor, Agus Yuniawan Isyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan tingkat efisiensi usahatani padi. Jenis penelitian yang digunakan adalah suatu kasus di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Pengambilan sampel menggunakan metode slovin dengan marjin kesalahan 10% diperoleh ukuran sampel 82 orang petani dari populasi petani padi sebanyak 458 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis efisiensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penggunaan faktor produksi tenaga kerja, benih, pupuk organik, pupuk urea, pupuk NPK, luas lahan dan pestisida berpengaruh nyata terhadap produksi padi. Hasil analisis secara parsial menunjukkan faktor produksi tenaga kerja, pupuk organik, pupuk urea, luas lahan dan pestisida berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan faktor produksi benih, pupuk NPK dan pestisida berpengaruh positif tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap produksi padi yang dihasilkan. Secara ekonomis penggunaan faktor-faktor produksi luas lahan, pupuk organik dan pupuk urea pada usahatani padi sawah di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis belum efisien, sedangkan faktor produksi benih, pupuk NPK, tenaga kerja dan pestisida tidak efisien. 

Keywords


faktor produksi, efisiensi, usahatani padi.

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Carkini, Dini Rochdiani, Muhamad Nurdin Yusuf. 2014. Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH. 1(1): 33-42.

Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. 2012. Pedoman Pelaksanaan Program Peningkatan Produksi, Produktivitas dan Mutu Tanaman Pangan Untuk mencapai Sawsembada dan Sawsembada Berkelanjutan. Jakarta.: Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian.

Mamondol, M.R dan Tambe’o, D.R. 2016. Efisiensi Input Usahatani Padi Sawah di Kelurahan Tendeadongi Kecamatan Pamora Utara. Jurnal Envira 1(1): 47-54.

Nasehudin, Toto Syatori dan Gozali, Nanang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Neonbota, S.L. dan Kune, S.J. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Padi Sawah di Desa Haekto Kecamatan Neomuti Timur. Agrimor. 1(3): 32-35.

Soekartawi, 2005. Agroindustri Dalam Perspektif Sosial Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Unam, J.M. 2012. Materials management for bussines success: the case of the nigerian botling company plc. Internasional Journal of Economics and Management Sciences 1(7): 50-56.

Yasin, L.O.N. 2016. Analisis Efisiensi Usahatani Padi Sawah: Studi Pada Petani Padi Sawah di Desa Cialam Jaya Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Mega Aktiva 5(1): 44-51.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jimag.v8i1.4597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


___________________________________________________________________________________

Diterbitkan Oleh :

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH

Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis 46274

Telepon: 0265-2754011

Email: agroinfogaluh@gmail.com


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 __________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh diindeks oleh: